Anggota DPRD Jabar Asep Suherman Dorong Ekowisata di Cianjur

0
49

beritatandas.id, Bandung – Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKB, Asep Suherman dorong pembangunan ekowisata hutan kreatif di tanah seluas 43 hektare di Kabupaten Cianjur.

Tanah tersebut merupakan aset Pemerintah Propinsi Jawa Barat yang telah diserahkan kepada Dinas Kehutanan untuk dikelola, lokasinya berada di sekitar Desa Cipendawa dan Desa Cikanyere.

Asep menuturkan, dilokasi tersebut merupakan wilayah resapan air yang dijadikan area hijau untuk kepentingan konservasi, dan tidak boleh dibangun bangunan yang akan beresiko merusak kawasan hutan ini.

“Kita akan tinjau sejauh mana kesiapan Dinas Kehutanan untuk melakukan pembangunan hutan kreatif ini, wilayah ini sangatlah potensial, ini bisa memberikan multiplayer efek bagi warga sekitar,” ujar Asep kepada beritatandas.id.

Ia berhararap, pembangunan spot ekowisata ini bisa memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat sekitar, pertama karena akses bagus dan dapat membangkitan ekonomi masyarakat sekitar.

“Selain membangkitan ekonomi, harapannya juga bisa menjadi pemasukan bagi PAD Desa, PAD Kabupaten, juga PAD Provinsi,” tambahnya.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu sudah pernah dianggarkan untuk membuat spot wilayah hutan kreatif sebesar Rp 6 Milyar, tetapi karena terkendala pandemi Covid-19 membuat anggaran tersebut dialihkan untuk penanganan pandemi.

“Di tahun 2021 kemungkinan pembangunan ekowisata hutan kreatif bisa terlaksana,” pungkasnya.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here