Anggota DPRD Jabar Asep Suherman, Pemekaran Kabupaten Cianjur Selatan Semaking Terang

Bandung, beritatandas.id – Pemekaran Kabupaten Cianjur Selatan semakin terang. Terbukti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menyampaikan usulan pembentukan calon daerah persiapan otonomi baru Kabupaten Cianjur ke DPRD Provinsi Jawa Barat.

Nota pengantar telah disampaikan Ridwan Kamil dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat siang tadi, Jumat 11 Februari sekira pukul 13 : 00 WIB.

Selain Kabupaten Cianjur Selatan, dalam nota pengantar juga mengusulkan dua Kabupaten yakni Tasikmalaya Selatan dan Garut Utara.

Anggota Panitia Khusus Calon Otonomi Baru (Pansur COB ), DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Suherman mengatakan, diantara COB di Jawa Barat yang baru masuk ke DPRD Jabar dan Pemerintah Provinsi baru tiga kabupaten yaitu Cianjur, Tasikmalaya dan Garut.

“Kami di pansus akan melihat sejauhama kesiapan COB baru untuk diusulkan ke pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri RI) ,” kata Ko Op panggilan akrabnya.

Adapun yang akan dilakukan, Pansus akan turun ke lapangan menemui bupati dan DPRD terakhir cek ke lokasi dimana akan dimekarkan kecamatannya menjadi Kabupaten Cianjur Selatan.

“Kita ingin memastikan keseriuan di daerah tentang usulan COB baru ini,” tuturnya.

Politisi dari Fraksi PKB ini menerangkan, dasar usulan COB yang masuk ke Provinsi dari Surat Keputusan Bersama SKB antara Bupati dan DPRD tentang persetujuan COB baru. Kemudian SKB tersebut masuk ke Provinsi lalu dibahas dan dibentuk Pansur di tingkat Provinsi.

Ko Op mengakui, meski saat ini pemerintah pusat masih moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB), tetapi dari Kemendagri ada celah yaitu membuka seluas-luasnya untuk melakukan persiapan COB baru.

“Kalau kita sudah siap, Gubernur bersama DPRD telah mengusulkan ke Kemendagri untuk COB baru. Jika Kemendagri sudah mencabut moratorium, tentu COB baru akan semakin cepat untuk disyahkan,” tutupnya.***

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here