Anggota DPRD Jabar Minta Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Masuk Ekosistem Pasar Digital

beritatandas.id, Bogor – Anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti menyampaikan pasar online semakin dikenal warga untuk mencari produk yang dibutuhkan.

Karenanya, dia mendesak pemerintah untuk terus berinovasi dan menggandeng anak-anak muda yang ahli di bidang teknologi untuk menumbuhkan ekosistem pasar digital.

Menurutnya, pelaku UMKM sangat membutuhkan pengawalan untuk mapping pasar digital, di samping cukupnya permodalan.

“Jangan sampai produsen UMKM di pedesaan tertinggal oleh perkembangan teknologi,” ujar politisi PKB.

Karena, tambahnya, kalau itu terjadi yang semakin pesat berkembang adalah pengusaha-pengusaha yang punya modal cukup, dalam artian bisa membayar para ahli teknologi saja sementara produknya tetap punya masyarakat.

“Karena peran pemuda yang bisa mengikuti perkembangan zaman dengan mengoptimalkan teknologi,” ujarnya.

Dia mencontohkan seperti membuat pasar secara online, transaksi secara online, menciptakan produk dari teknologi, atau menciptakan produk dari sumber daya alam yang kemudian dipasarkan dengan bantuan teknologi.

“Jadi meskipun nanti pandemi usai, karena market di dunia maya sudah terbentuk, maka akan menjadi sumber pendapatan utama,” ujarnya.

Masih berkaitan dengan dunia teknologi, Erni juga melihat besarnya peluang yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda yang melek teknologi.

Dia mencontohkan seperti menjadi content creator, konsultan bisnis, konsep rancang bangun sebuah wilayah, promosi atau periklanan dan lain sebagainya itu bisa digarap meski tidak harus melakukan interaksi secara langsung di dunia nyata.

“Mari sama-sama berinovasi untuk meningkatkan kualitas diri sehingga dalam kondisi pandemi seperti ini tetap bisa menjalankan kehidupan secara baik,” pungkasnya.

 

Redaksi