DPRD Jabar H Nasir Minta SDM Pegiat Desa Ditingkatkan

Sumedang, beritatandas.id – Membangun Indonesia dari desa, itu pernyataan yang disampaikan anggota DPRD provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Nasir.

Dalam resesnya kali ini dia menyampaikan Indonesia bisa menjadi negara yang hebat ketika desa-desanya mandiri.

Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah meningkatkan sumber daya manusia dari para perangkat desa termasuk pegiat desa.

Karenanya dia meminta agar para pegiat desa semakin konsen dan kerja keras dalam membangun desa masing-masing.

“Alhamdulillah silaturahim bersama para pegiat Desa se-kabupaten Sumedang. Membangun Indonesia dari desa,” tulis H Nasir dalam akun Instagramnya, @kangnasir_abi.

Menurutnya banyak potensi yang bisa dikembangkan di desa, mulai dari sektor perekonomian Pendidikan termasuk kesehatan.

Tapi biasanya yang menjadi penghambat adalah menutupnya warga dan pegiat desa melakukan interaksi dengan pihak lain sehingga dalam hal pengembangan tidak bisa bergerak cepat.

“Kita butuh masukan dari berbagai pihak untuk bisa memajukan desa untuk menciptakan Desa mandiri,” ujarnya.

Karenanya motto yang paling tepat adalah apa yang diusung oleh NU yaitu menjaga tradisi yang lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik.

Dia juga berpesan agar para pegiat desa terus melakukan peningkatan SDM di bidang pelayanan dan pembangunan desa, melakukan melakukan komunikasi dan koordinasi terutama dengan pihak-pihak profesional.

“Melibatkan perguruan tinggi melibatkan mahasiswa melibatkan aktivis pemberdayaan agar menjadi solusi atas kebuntuan masalah di desa,” pungkasnya.***

Redaksi