Firnandes Sang Pemilik Djoeragan Dawegan Saat Meracik Minuman Es Degan yang Menyegarkan

0
39

beritatandas.id, PURWAKARTA – Siapa tak kenal es kelapa muda ataupun es degan, sehingga membuat minuman tersebut banyak dicari masyarakat dari berbagai kalangan.

Minuman dingin berbahan dasar air dan serutan daging kelapa muda. Sajian pengusir dahaga ini sangat menyegarkan walau diminum langsung tanpa tambahan bahan lain.

Di Kedai yang dinami Djoeragan Dawegan, selain biasa disajikan secara tradisional, minuman berbahan dasar degan ternyata juga bisa disulap menjadi suguhan yang mengundang selera.

Seorang Pria energik asal Kabupaten Purwakarta, Firnandes (33) telah mencoba berkreasi dan menjadikannya citarasa yang khas Djoeragan Dawegan.

Firnandes memastikan es degan di Djoeragan Dawegan semakin nikmat dan segar dengan ragam rasa yang dia tawarkan.

“Ada rasa original, mocca, coco pandan, jeruk, melon, stroberi, hingga mangga. (Banyak pilihannya) ya, untuk memberikan pilihan selera pembeli. Yang jelas di Djoeragan Dawegan ini pake bahan alami dan gak pake gula biang,” ujar pria yang akrab disapa Nandes, saat ditemui di Kedai Djoeragan Dawegan, pada Jumat (9/4/2021).

Sajian menu es degan di Djoeragan Dawegan, kata nandes, juga berbeda dengan yang lain karena tersedia dua macam, yakni campuran selasih dan perasan jeruk nipis.

Minuman ini sangat pas diminum saat cuaca terik melanda. Minuman ini memakai air kelapa murni. Daging kelapa yang digunakan juga terlihat cukup banyak, sehingga bisa mengganjal perut lapar dengan segelas Es degan di Djoeragan Dawegan.

Nandes menambahkan, harga setiap gelas es degan di Djoeragan Dawegan tergolong ramah di kantong.

“Di Djoeragan Dawegan ini memiliki porsi yang besar dan untuk stok kelapa jangan khawatir kehabisan, sebagimana sosok seorang Djoeragan yang serba banyak. Untuk harga segelas Djoeragan Dawegan biasa dibandrol dengan harga Rp. 8 ribu rupiah dan Segelas Djoeragan Dawegan plus-plus dibandrol harga Rp.10 ribu rupiah. Kami juga menyediakan Kelapa obat, yakni kelapa cupat merah yang kami bandrol Rp.20 ribu rupiah,” beber Nandes.

Kedai Djoeragan Dawegan yang terletak di Jalan Kolonel Rahmat, Kampung Tegaljunti, RT 01/04, Kelurahan Tegalmunjul, Kecamatan/Kabaupaten Purwakarta tersebut setiap hari mulai jam 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

“Setiap hari Djoeragan Dawegan buka jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Namun, selama bulan Ramadhan kita buka jam 3 sore hingga jam 10 Malam,” tungkasnya.

 

Reporter : GN 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here