Fraksi PKB Jabar Ajak Lembaga Amil Zakat Aktif Putus Mata Rantai Wabah Corona

beritatandas.id, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat, Sidkon Djampi mengajak seluruh elemen dari lembaga pemerintahan, swasta hingga masyarakat untuk kompak mencegah penyebaran virus corona (Covid 19).

Secara khusus, Sidkon menyoroti Lembaga Amil Zakat baik yang berada di bawah naungan pemerintah maupun lembaga independen untuk turut aktif memutus mata rantai penyebaran virus maut yang telah merenggut puluhan ribu nyawa di seluruh dunia tersebut.

“Kami mengajak lembaga amil zakat termasuk lembaga lainnya untuk turut aktif melawan penyebaran wabah corona, jangan sampai covid19 ini terus meluas khusunya di Jawa Barat,” ajak Sidkon, Jumat (03/04/2020).

Terlebih, tegas dia, di wilayah Jawa Barat penyebaran Covid 19 sudah sangat mengkhawatirkan. Selain ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) yang kian bertambah, kekhawatiran baru semakin bertambah setelah dilakukannya tes Covid-19 dengan menggunakan Rapid Test secara massal.

“Selalu ditemukan ODP baru hasil dari tes masal itu, seperti yang ditemukan di daerah Sukabumi,” katanya.

Dengan begitu, sudah saatnya lembaga-lembaga pemerintah non struktural dan juga swasta untuk menunjukkan kepedulian jangan sampai orang terinveksi virus corona di Jawa Barat semakin bertambah.

“Mari secepatnya kita bantu pemerintah untuk segera menghentikan wabah mematikan ini. Jangan sekedar khawatir, tapi lakukanlah dengan aksi nyata. Hal misalnya, membantu donasi untuk bersama anggaran pemerintahan dalam menangani pandemi Covid-19,” tegasnya.

Kepedulian yang dilakukan, lanjut dia, bisa dengan membantu melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga, di pasar atau di titik-titik strategis lainnya, atau bisa juga dengan membagikan hand sanitizer.

“Atau melakukan gerakan edukatif kepada masyarakat agar selalu menjaga jarak antar manusia atau social distancing, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menahan diri di tempat tinggalnya masing-masing, demi memutus mata rantai penyebaran virus ini,” papar Sidkon.

Ia pun menyarankan agar semua pihak senantiasa melakukan pencegahan covid19 ini dengan memegang prinsip menjaga “iman dan imun”.

“Iman artinya selalu mendekatkan diri kepada Alloh SWT dengan berdzikir dan berdoa agar wabah ini segera berakhir. Imun artinya selalu menjaga kesehatan diri agar daya tahan tubuh masing-masing selalu kuat dan terjaga dengan baik dengan senantiasa makan, minum, istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama memperhatikan asupan vitamin C dan E. Menurut para pakar kesehatan, untuk saat ini hanya imunitas tubuh yang baik yang bisa melawan virus corona ketika menginveksi tubuh,” pungkasnya.

Redaksi