Gedung Assessment Polda Jabar Diresmikan

beritatandas.id, MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Mariyono,S.I.K.,M.Si didampingi Kabag Sumda Polres Majalengka KOMPOL M.Gozali Menghadiri Peresmian Gedung Assasment Center Polda Jabar yang diresmikan oleh As SDM Polri Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri S., M.M yang di dampingi oleh Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M, pada Rabu, 22 Januari 2020 pukul 08.00 Wib, (22/01/2020).

As SDM Polri Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri S., M.M yang di dampingi oleh Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M,

Gedung Assessment Center Polda Jawa Barat dengan luas 429 m2 mulai dibangun sejak tanggal 19 Agustus 2019 atas kerja sama Polda Jabar dengan Pimpinan Wilayah BRI Bandung melalui hibah anggaran CSR yang mencapai Rp 800 juta dengan beberapa fasilitas seperti ruang cat, ruang diskusi, ruang wawancara,ruang tunggu assessi dan musola.

Pembangunan Gedung Assasment Center merupakan wujud nyata dari implemantasi 2 program prioritas Kapolri yaitu :
1. Mewujudkan SDM yang unggul
2. Sinergitas polisional yang proaktif

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono,S.I.K.,M.Si

Dalam sambutannya As SDM menyampaikan bahwa Gedung Assessment Center merupakan salah satu upaya nyata program prioritas Kapolri untuk mewujudkan  SDM yang unggul.

“Assessment Center merupakan salah satu metode yang sampai saat ini hasilnya paling sesuai dalam memberikan saran kepada pimpinan untuk menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, terutama dalam menilai soft competency”, jelasnya.

Saat ini Assesment Center Polri telah berinovasi dengan membangun virtual assessment dalam penilaian kompetensi anggota Polri dan aparatur sipil negara dengan metode mengubah simulasi dalam Assessment Center tradisional menjadi desktop simulations dimana peserta dapat mengikuti simulasi Assessment Center menggunakan computer / laptop dengan tidak menghilangkan esensi dan dapat mengurangi waktu dan biaya.

Assesment Center Polri telah menerapkan Post Assessment Center di seluruh jajaran SDM Polda dalam bentuk program TMCC training, mentoring, coaching dan konseling. Upaya perawatan personil secara terpadu yang melibatkan narasumber, mentor, pembimbing / pelatih dan psikolog untuk mengembangkan kompetensi pegawai negeri pada Polri.

Nantinya Gedung Assasment Center akan digunakan pada kegiatan pengembangan SDM Polri dan kegiatan kerja sama dengan instansi pemerintah lainnya serta menjadi tempat untuk kegiatan menejemen talenta Polri, promosi jabatan terbuka, pemetaan kompetensi calon pejabat Polri dan seleksi penugasan di luar struktur organisasi Polri.

Acara yang dihadiri oleh Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Solichin, S.H, Pimpinan BRI wilayah Bandung, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Barat, Assesor Polda Jawa Barat Gedung Assasment Center, Para Kapolres dan Para Kabag Sumda Jajaran Polda Jabar serta seluruh staf ditutup dengan bercengkrama dan foto bersama.

Redaksi