Ikan Cupang Hobi Baru Paling Digandrungi Masyarakat

0
38

beritatandas.id, PURWAKARTA – Ikan cupang hias menjadi salah satu hobi baru yang digandrungi masyarakat selama pandemi Covid-19. Warna yang cerah menjadi daya tarik utama yang membuat ikan cupang disukai sebagai hewan peliharaan.

Diketahui setiap ikan cupang bisa memiliki banyak warna sekaligus dengan varian yang berbeda.

“Warna ikan cupang lambat laun bisa pudar jika tidak dirawat dengan tepat. Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan keindahan warna ikan cupang,” ungkap salah satu pembudidaya ikan hias cupang, Hamada Djauhari di Purwakarta, pada Kamis (18/3/2021).

Untuk meningkatkan warna Ikan Cupang, kata Hamada, ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa membuat warna ikan tambah cerah. Beberapa di antaranya yakni kutu air, udang air asin, dan spirulina.

“Bahan makanan tersebut memiliki kandungan yang dibutuhkan agar warna ikan terjaga dan menjadi semakin cerah. Oleh karena itu, ada baiknya rutin memberikan pakan dengan jenis ini agar tampilan ikan makin menawan,” tutur pemilik pemilik budidaya ikan cumpang yang diberi nama Gudang Cupang itu.

Menurutnya, meskipun kini sudah banyak produk pakan ikan yang mengandung bahan tersebut. Hanya saja, memang pakan yang segar dan masih hidup lebih menarik bagi ikan.

“Untuk pakan yang bagus itu yang alami dan masih segar atau masih Hidup. Nah, untuk udang bisa di blender dulu agar mudah dicerna Ikan Cupang. Khasiatnya juga jelas lebih banyak dan lebih cepat dirasakan,” sarannya.

Tak hanya itu, lanjut dia, pemberian daun ketapang dipercaya dapat meningkatkan warna ikan cupang.

“Sebaiknya, pergunakan daun yang sudah diolah dan dikeringkan sebelumnya. Masukkan daun ketapang kering ke dalam wadah berisi air dan diamkan selama tiga hari,” ucapnya.

Setelah itu, lanjut Hamada, pindahkan ikan cupang ke dalam wadah berisi rendaman daun tersebut.

“Harus diingat pula jika air yang dipakai sebaiknya hanya berkisar 75 persen dari wadah yang dipakai. Kemudian, tambahkan daun ketapang kering secukupnya,” beber Pendiri Betta Tunas Purwakarta (BTP) itu.

Meski belum ada penelitian yang memastikan khasiatnya, kata Hamada, para pencinta ikan cupang sering melakukan trik ini. Apalagi cara ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Tak hanya itu, Hamada menambahkan, pilih ukuran soliter atau akuarium yang sesuai untuk ikan cupang peliharaan. Jangan terlalu besar, tetapi juga jangan terlalu kecil.

“Wadah yang terlalu sempit akan membuat kualitas air cepat turun sehingga mengganggu warna dan corak pada tubuh ikan. Selain itu, ikan juga tidak mudah stres jika ditempatkan di wadah yang lebar,” tutupnya.

 

Reporter : Gn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here