Kesbangpol Jawa Barat Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Bogor

beritatandas.id, Bogor – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Puri Ayunda Resort Kabupaten Bogor, Selasa, 7 Desember 2021.

Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan kali ini diikuti oleh 194 orang pemuda dari perwakilan 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini pula dihadari oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Jawa Barat Sapta Yulianto Dasuki, Ketua Penyelenggara Kabid Idwasbang Kesbangpol Jawa Barat Agus Komarudin, dan Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Kebangsaan Kesbangpol Bogor Tri Subiyakti.

“Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana,” Sapta Yulianto Dasuki.

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.

Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat.

“Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” ungkapnya.

Ia juga menjelasakan sosialiasi empat pilar ini mempunyai tujuan di antaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

“Serta, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari,” katanya

Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan ini peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.***

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here