Melihat Keindahan Curug di Kalijati

beritatandas.id, SUBANG – Meski tidak termasuk kawasan Selatan Kabupaten Subang yang dikenal dengan wisata alamnya, Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati yang merupakan wilayah tengah Kabupaten Subang juga memilki keindahan alam.

Terdapat tiga air terjun (curug) yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Ketiga curug tersebut bernama, Curug Luhur, Curug Ciuncal, dan Curug Cipancuh.

Ketika beritatandaa.id mengunjungi Curug Luhur pada Rabu (3/2/2021). Pengelola Curug Luhur di Desa Jalupang Minta menuturkan, keunikan dari Curug Luhur adanya pembiasan cahaya seperti pelangi yang melingkar di sekitar Curug Luhur, tapi pelangi tersebut tidak bisa disaksikan setiap waktu, hanya dalam cuaca atau fenomena alam tertentu saja.

“Biasanya ada pelangi di bagian sini, air dari curug ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat,” kata Minta dalam obrolannya bersama wartawan beritatandas.id ketika mengunjungi Curug tersebut.

Para pengunjung curug bahkan berasal dari luar kota.

“Ada yang dari Cikampek, Purwakarta, Kota Bekasi, dari Karawang juga ada,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan Minta, selain untuk menikmati keindahan curug, para pengunjung juga datang untuk berziarah, ke makam salah satu tokoh penyiar agama islam sekaligus pejuang kemerdekaan.

“Disini ada makam tokoh terkenal, kadang para pengunjung ziarah juga, namanya makam Syekh Abdul Muhyi,” tutup Minta.

Akses menuju curug tersebut memang belum begitu baik, bahkan belum bisa dilewati kendaraan roda empat, ketiga curug tersebut mulai dibuka untuk umum pada 2016 yang lalu.

Reporter : Irvan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here