Pemkab Purwakarta Upayakan Isoter Ditiap Desa

Purwakarta, beritatandas.id – kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purwakarta terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, pada Kamis, 17 Februari 2022 kemarin bertambah 183 orang. Total jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Purwakarta sebanyak 1021 orang. Kemudian angka kesembuhan sebanyak 111 orang.

Demikian disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana usai mengikuti zoom meeting bersama Persiden Jokowi dan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mapolres Purwakarta, pada Jumat, 18 Februari 2022. “Jumlah keterisian BOR di rumah sakit juga sekarang sudah 45 persen,” kata Iyus Permana.

Menurutnya, Bupati Purwakarta telah mengintruksikan kepada kepala desa untuk menyediakan tempat isolasi terpadu di setiap desa. Di tempat isolasi terpadu (Isoter) itu minimal tersedia empat bed untuk menambah jumlah tempat tidur di Kabupaten Purwakarta. “Jadi kalau semua desa ada, berarti bed di kita bertambah lebih dari 600, ditambah di rumah sakit juga puskesmas bisa sekitar dua ribuan,” kata Iyus.

Penambahan tempat tidur itu bagian dari antisipasi ketika kasus varian baru Omicron mencapai puncaknya diangka 2. 000, bisa mencukupi untuk merawat pasien. “Kemarin waktu Delta ada sekitar 1. 794, kalau Omicron mencapai 2. 000, tempat tidur bisa mencukupi,” ungkapnya.

Upaya itu, kata Iyus, ditempuh agar keterisian tempat tidur tidak mencapai 50 persen sesuai yang diintruksikan Kementerian Kesehatan. “Sebetulnya tempat isolasi di tiap desa itu sudah diintruksikan, hanya saja dana desa nya belum turun, tapi sekarang sudah ada jaminan dari bupati dan akan segera dicairkan ke desa,” tutur Iyus.

Sementara itu, berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kabupaten Purwakarta menerapkan PPKM Level 3 sampai 21 Februari mendatang. Adanya penerapan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pemkab pun mengeluarkan kebijakan untuk meminimalisasi angka penyebaran kasus Covid-19.

“Kita akan menghidupkan kembali pos-pos PPKM, menyiapkan isolasi terpadu, kemudian juga kita akan membagikan sembako,” kata Iyus.

Selain itu, kata dia, operasi meningkatkan protokol kesehatan di tengah masyarakat juga akan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), seperti di tempat keramaian. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan lebih meningkat lagi.

“Penutupan jalan tidak ada, paling pemeriksaan (protokol kesehatan) melalui operasi yustisi gabungan antara Polres Purwakarta, Kodim 0619/Purwakarta dan Pemkab Purwakarta,” jelas Iyus.

Diketahui, terhitung per 17 Februari 2022 terakhir kasus aktif Covid19 di Kabupaten Purwakarta ada penambahan menjadi 1021 orang, dan angka kesembuhan 111 orang. Sedangkan untuk tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit sudah 47,7 persen.(Diskominfo Purwakarta)

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here