Home Ekbis Ekonomi Program Perumahan Bersubsidi Khusus Guru di Purwakarta Diresmikan Gubernur

Program Perumahan Bersubsidi Khusus Guru di Purwakarta Diresmikan Gubernur

beritatandas.id,PURWAKARTA –  Bertajuk Bakti Padamu Guru (Bataru) ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memberikan solusi penyediaan rumah subsidi bagi para penyelenggara pendidikan, seperti guru honorer, termasuk di Kabupaten Purwakarta.

Selain guru, tenaga kependidikan seperti staf tata usaha hingga penjaga sekolah juga dipersilakan untuk menikmati program rumah subsidi ini.

Gubenur Jabar, Ridwan Kamil, mengatakan, total akan ada 20.000 rumah subsidi bagi guru honorer dan tenaga kependidikan. Tipe rumah disesuaikan dengan biaya sebesar Rp.150 juta per unit.

“Syaratnya, penghasilan mereka di bawah Rp 8 juta dan belum memiliki rumah. Cicilannya sekitar Rp900 ribu per bulan,” ungkap Ridwan Kamil, kepada awak media di Perumahan Benteng Mutiara Mas, Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (17/2/2021).

Untuk tahap pertama, lanjut dia, total ada 10 ribu unit rumah yang akan dibangun tahun ini tersebar di 17 kabupaten/kota, termasuk di Kabupaten Purwakarta ini.

“Kami berharap program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan dengan memiliki rumah milik pribadi dengan harga terjangkau,” ucap Ridwan Kamil.

Ia menambahkan, banyak tenaga pendidik yang belum memiliki rumah dan terpaksa mengontrak. Untuk meningkatkan kesejahteraan dengan tidak selalu harus menaikan pendapatan, tapi menurunkan pengeluaran.

“Dari pada biasanya cicilan untuk kontrak, sekarang kita geser rumah milik sendiri,” jelas Ridwan Kamil.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedin Supandi menjelaskan, program Perumahan Bersubsidi Bakti Padamu Guru (Bataru) bisa diakses melalui aplikasi Perkumpulan Ahli Kepemilikan Subsidi Perumahan (Pakasep).

“Tujuannya untuk meningkatkan mutu dan akses pendidikan dengan sejumlah strategi. Dan program Bataru ini tentu saja untuk meningkatkan kesejahteraan guru,” papar Dedi.

Menurutnya, program ini berawal dari ide Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang  mendapatkan banyak keluhan dari tenaga kependidikan yang belum memiliki rumah.

Dijelaskannya, program ini sasarannya bukan hanya guru dan tenaga kependidikan di ranah provinsi yang berhak mendapatkan subsidi rumah tersebut, melainkan semua guru dan tenaga kependidikan yang ada di Jabar.

“Bukan hanya untuk guru dan tenaga kependidikan SMA, SMK, dan SLB, mereka yang di SD dan SMP pun diperbolehkan. Sementara ini ada 20 kabupaten dan kota yang jadi sasaran, termasuk Purwakarta,” pungkasnya.

 

 

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pelaku Pengeroyokan Kepala Sekolah Hingga Tewas Berhasil Diringkus Polisi

beritatandas.id, PURWAKARTA - Satuan Reserse Kiriminal (Satreskrim) Polres Purwakarta berhasil mengamankan enam orang pelaku dari delapan orang pelaku yang melakukan pengeroyokan yang berakibat tewasnya...

Aksi Maling Terekam CCTV, Gondol Kabur Burung dan Sangkarnya

beritatandas.id, PURWAKARTA - Aksi nekat maling terekam kamera CCTV di Kabupaten Purwakarta. Tak tanggung-tanggung, burung beserta sangkarnya menjadi sasaran pelaku. Menurut informasi yang berhasil di himpun,...

Bank BJB Purwakarta Luncurkan Transaksi Digital Pada UMKM

beritatandas.id, PURWAKARTA - Bank BJB Purwakarta Lounching implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada merchant UMKM dan ekonomi Grab di Purwakarta di gelar...

Kebijakan Mutasi Kepala Sekolah, H. Nasir Sebut Hal Itu Tidak akan Efektif

beritatandas.id, BANDUNG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Komisi I H. Nasir angkat bicara terkait kebijakan mutasi kepala sekolah tingkat SMA dan sederajat...

Johan J Anwari Apresiasi Pembangunan Gedung ODGJ

beritatandas.di, BANDUNG - Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan rapat kerja dengan dinas sosial provinsi Jawa Barat. Kali ini membahas kesiapaan dan ketersediaan...