Home Seni Budaya Rampak Beduk, Kesenian Islami Khas Banten

Rampak Beduk, Kesenian Islami Khas Banten

beritatandas.id, BANTEN – Kabupaten Pandeglang, Banten, ternyata memiliki sebuah kesenian Islami khas bernama Rampak beduk .

Sesuai dengan namanya, kesenian ini memainkan alat musik beduk. Dalam pertunjukannya, pemain beduk memainkan alat musik pukul itu dengan kompak, sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak didengar.

Sebelum adanya teknologi modern, beduk awalnya digunakan oleh masyarakat sebagai penanda datangnya waktu salat untuk umat Islam. Selain sebagai sarana berkreasi, permainan beduk menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat khususnya pada saat bulan suci Ramadan.

Rampak Beduk

Kesenian ini awalnya dibuat hanya untuk kepentingan religi, yaitu sebagai sarana menyambut Ramadan. Namun, karena kreativitas masyarakat, Rampak Beduk dibuat menjadi pertunjukan yang lebih menarik sehingga dianggap sebagai karya seni yang patut dihargai.

Pada awalnya kesenian Rampak Beduk ini hanya ditampilkan oleh pemain laki-laki, tetapi sekarang juga dimeriahkan penari perempuan. Kesenian ini biasanya ditampilkan oleh 10 orang, 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Namun, ada juga yang menampilkan anggota lebih dari itu, tergantung penyajian pertunjukan yang akan mereka tampilkan.

Dalam pertunjukannya para pemain tidak hanya memainkan beduk, mereka juga melakukan berbagai gerakan tari yang membuat pertunjukan semakin menarik. Untuk gerakan dan permainan beduk ini tidak memiliki pakem tertentu, karena sebenarnya kesenian rampak beduk ini bersifat kreativitas.

Rampak beduk sempat tampil menghibur pengunjung dalam acara pembukaan Cilegon Center Mall (CCM), sembari menunggu waktu berbuka puasa. CCM merupakan pusat perbelanjaan yang baru saja dibuka, tepat saat peringatan hari lahirnya Pancasila.

“Kami berharap bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon khususnya,” kata Mujiono Hartono, CEO PT Yestar Karya Utama, selaku pemilik CCM, di Kota Cilegon, Banten.

Sembari menikmati berbagai kebudayaan khas Banten, masyarakat bisa menikmati berbagai macam diskon, mulai dari 20 persen hingga 70 persen, yang bisa menambah kebahagiaan saat Lebaran 2018.

Nuansa Islami dan Kebudayaan Kota Cilegon tampak pada kelima lantai yang berisikan 133 tenant ini.

“Bagi pengunjung yang berbelanja minimal Rp 200 ribu dan berlaku akumulasinya. Program itu berhadiah satu unit Mazda2 dan lima Iphone 8 yang akan diundi di akhir tahun 2018,” ujarnya.

Sumber : Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Serahkan Bantuan Bulanan ke NU, Ini Kata Ketua PKB Subang

beritatandas.id, SUBANG - Menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Subang melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Baznas Purwakarta Salurkan Bantuan untuk Guru DTA dan TPQ

beritatandas.id, Purwakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta dan Pemda setempat salurkan bantuan insentif untuk para Guru Diniyah Takmiliyah (DTA) dan Guru...

Lukman N Iras dengan Tegas Akan Melanjutkan Program – Program Terbaik

betitatandas.id, Karawang - Setelah terpilih sebagai Ketua PPM (Pemuda Panca Marga) Kabupaten Karawang secara aklamasi dan mufakat, yang melalui Musyawarah Cabang (Muscab) PPM yang...

Karyawan PT. Pupuk Kujang, Mengadakan Kegiatan Sosial Berbagi Kepada 77 Jompo yang ada di Wilayah Dusun Sumurbandung Karawang

beritatandas.id, Karawang - Di Bulan ramadhan ini kembali PSBB (Pemuda/Pemudi Sumur Bandung Bersatu) Desa Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, bekerja sama dengan Kujang...

Enam Polda Jadi Prioritas Tangani Karhutla

beritatandas.id, Jakarta — Sebanyak enam kepolisian daerah (Polda) menjadi prioritas Polri dalam mencegah dan melakukan penindakan hukum tindak pidana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). "Ada...