Home Seni Budaya Rampak Beduk, Kesenian Islami Khas Banten

Rampak Beduk, Kesenian Islami Khas Banten

beritatandas.id, BANTEN – Kabupaten Pandeglang, Banten, ternyata memiliki sebuah kesenian Islami khas bernama Rampak beduk .

Sesuai dengan namanya, kesenian ini memainkan alat musik beduk. Dalam pertunjukannya, pemain beduk memainkan alat musik pukul itu dengan kompak, sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak didengar.

Sebelum adanya teknologi modern, beduk awalnya digunakan oleh masyarakat sebagai penanda datangnya waktu salat untuk umat Islam. Selain sebagai sarana berkreasi, permainan beduk menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat khususnya pada saat bulan suci Ramadan.

Rampak Beduk

Kesenian ini awalnya dibuat hanya untuk kepentingan religi, yaitu sebagai sarana menyambut Ramadan. Namun, karena kreativitas masyarakat, Rampak Beduk dibuat menjadi pertunjukan yang lebih menarik sehingga dianggap sebagai karya seni yang patut dihargai.

Pada awalnya kesenian Rampak Beduk ini hanya ditampilkan oleh pemain laki-laki, tetapi sekarang juga dimeriahkan penari perempuan. Kesenian ini biasanya ditampilkan oleh 10 orang, 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Namun, ada juga yang menampilkan anggota lebih dari itu, tergantung penyajian pertunjukan yang akan mereka tampilkan.

Dalam pertunjukannya para pemain tidak hanya memainkan beduk, mereka juga melakukan berbagai gerakan tari yang membuat pertunjukan semakin menarik. Untuk gerakan dan permainan beduk ini tidak memiliki pakem tertentu, karena sebenarnya kesenian rampak beduk ini bersifat kreativitas.

Rampak beduk sempat tampil menghibur pengunjung dalam acara pembukaan Cilegon Center Mall (CCM), sembari menunggu waktu berbuka puasa. CCM merupakan pusat perbelanjaan yang baru saja dibuka, tepat saat peringatan hari lahirnya Pancasila.

“Kami berharap bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon khususnya,” kata Mujiono Hartono, CEO PT Yestar Karya Utama, selaku pemilik CCM, di Kota Cilegon, Banten.

Sembari menikmati berbagai kebudayaan khas Banten, masyarakat bisa menikmati berbagai macam diskon, mulai dari 20 persen hingga 70 persen, yang bisa menambah kebahagiaan saat Lebaran 2018.

Nuansa Islami dan Kebudayaan Kota Cilegon tampak pada kelima lantai yang berisikan 133 tenant ini.

“Bagi pengunjung yang berbelanja minimal Rp 200 ribu dan berlaku akumulasinya. Program itu berhadiah satu unit Mazda2 dan lima Iphone 8 yang akan diundi di akhir tahun 2018,” ujarnya.

Sumber : Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pastikan Kesigapan Rumah Sakit dalam Penanganan Pasien Covid-19, Staf Ahli Kemenkes Kunjungi Purwakarta

beritatandas.id, Purwakarta - Berkaitan dengan pemantauan dan perawatan pasien dan kasus kematian akibat covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Staf ahli Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kunjungi...

Pemkab Purwakarta Sebar Bantuan Beras untuk Pengemudi Angkutan Umum

beritatandas.id, Purwakarta - Untuk sedikit meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya dikalangan para pengemudi angkutan umum. Pemkab Purwakarta melalui Dinas Sosial P3A...

Pemkab Purwakarta Lakukan Sinkronisasi Data dan Penanganan Covid-19 di Tingkat Kecamatan

beritatandas.id, Purwakarta - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika kumpulkan sembilan LO untuk mengsinkronisasikan data dan penanganan Covid-19 di seluruh kecamatan di wilayah tersebut. Dalam Rapat...

Peduli PPKM Darurat Level 4, Polisi Berikan Bansos Warga Terdampak Covid-19

beritatandas.id, Majalengka - Menyikapi keadaan saat ini, Banyaknya warga yang terkena dampak covid19, Mendorong hati nurani Kapolsek Talaga Polres Majalengka Polda Jabar AKP Agus...

Sambut Hari Kemerdekaan RI, Polri Gelar Vaksinasi Serentak Dan Pendistribusian Bansos Dimasa PPKM Darurat Level 4

beritatandas.id, Majalengka - Polres Majalengka Polda Jabar bersama PT. Sehati Medika Pratama menggelar Gerai Vaksin dan Pendistribusian Bansos di Klinik Sehati Medika Desa Kertabasuki...