Tanggul Sungai Jebol, DPRD Jabar: Harus Ada Koordinasi Dengan BBWS Citarum

beritatandas.id, BANDUNG – Hujan deras beberapa hari terakhir yang hampir merata di seluruh daerah di Jawa Barat, membuat Tanggul Sungai Cisunggalah yang berada di Kampung Babakan Sabagi, Desa Panyadapan, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, jebol dan merusak 10 rumah tinggal masyarakat.

Hal tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Provinsi Jawa Barat dengan meninjau langsung serta memberikan santunan bantuan sembako bagi para warga yang terdampak.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Yuningsih mengatakan kejadian tanggul jebol di desa tersebut terjadi setiap tahun saat musim hujan, oleh karena itu dirinya mendorong pihak terkait dan mengajak masyarakat agar melakukan penghijauan di area pegunungan untuk menyerap air serta mengeruk dasar sungai agar tidak terjadi pendangkalan.

“Tentunya kami menyerap aspirasi dari pak kades, ini terjadi setiap tahun ketika musim hujan, tentunya ada persoalan yang harus diselesaikan. Pertama bagaimana kita melaksanakan penghijauan di gunung-gunung yang sebagai penyerapan air, yang kedua harus dilakukan pengerukan sehingga tidak menjadi penumpukan air,” katanya seusai meninjau lokasi tanggul jebol di Desa Panyadapan, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu, (13/11/2021).

Yuningsih yang juga anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKB menyebut, pihaknya tidak hanya fokus untuk pemulihan dan penanganan Desa Panyadapan saja, namun sarannya tadi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan banjir di wilayah lain

“Tentunya bukan di wilayah sini saja, tapi di wilayah-wilayah lain kita mencoba menyelesaikan persoalan persoalan yang terkait tentang banjir dan tanggul jebol. Mulai dari sekarang kita harus menanam pohon keras di pegunungan untuk menyerap air, sehingga kedepan tidak kembali banjir,” tuturnya.***

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here