Terima Usulan Tiga CDOB dari Gubernur, Wakil Ketua DPRD Jabar : Kami Targetkan Selesai Secepatnya

Literasi News – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengajukan tiga wilayah yakni Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Cianjur Selatan kepada DPRD untuk menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Terkait dengan ini Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh menyampaikan pihaknya sedang menindaklanjuti pengajuan tiga wilayah Calon Daerah Otonomi Baru ini (CDOB) dari Gubernur ini.

Dia menyampaikan pengajuan Gubernur terkait CDOB ini nantinya akan dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) 1 tahun 2022.

“DPRD menerima dan langsung dibuat Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas lebih lanjut,” kata H Oleh Soleh kepada wartwan Jumat, 11 Februari 2022.

Oleh menyampaikan selaku Pembina Pansus, dirinya menargetkan secepatnya agar pembahasan di Pansus segera selesai dalam kurun satu atau dua bulan mendatang.

“Nantinya Pansus ini akan menelaah, meneliti tekait sisi administrasif dan kelayakan untuk disetujui antara Gubernur dan DPRD untuk ditingkatkan menjadi Keputusan DPRD,” ujarnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini mengutarakan dengan adanya pembahasan ini dirinya berharap aspirasi masyarakat di tiga kabupaten ini dapat terakomodir.

Selain itu, Apabila pembahasan tiga CDOB ini sudah selesai di tingkat Pansus ia berharap segera diusulkan ke pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar CDOB Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Cianjur Selatan ini jadi CDOB yang diprioritaskan.

“Sehingga harapan masyarakan di tiga CDOB bisa terakomodir dan bisa masuk ke Kemendagri sebagai CDOB yang diprioritaskan,” pungkasnya.***

Redaksi