Wow…Ini Jurus Siasati Pandemi, Abah Nandang Sulap Situ Cisaat Jadi Lahan Bertani

0
22

beritatandas.id, Purwakarta – Banyak cara untuk bertahan hidup di saat krisis Pandemi ini seperti yang di jalankan Abah Nandang warga Desa Cisaat, Campaka, Purwakarta Jawa Barat ini.

Untuk menyambung hidup, Abah nandang beberapa tahun ini sejak virus Corona melanda Indonesia sudah membuka area lahan seluas total 4 hektar di area Situ Wisata Cisaat.
Beberapa aktivitas Abah Nandang yang di jalankan program ketahanan pangan seperti bercocok tanam padi, berkebun, beternak domba dan ayam, membuat Empang budidaya ikan serta kini sedang di geluti pembudayaan jambu kristal.

“Situasi ekonomi semnjak korona membuat saya harus melakoni aktivitas bertani, berkebun dan beternak kalau di biarkan kita mau makan apa untuk menyambung hidup kita harus jalankan program ketahanan pangan.” Tegas Abah Nandang pada media, di lokasi area pertanian situ Cisaat Purwakarta.

Area pertanian yang di tekuni Abah Nandang terlihat tanahnya subur airnya melimpah membuat tanaman padi dan kebun cengek terlihat hijau dan berkembang dengan baik, Abah endang mengakui hasilnya selama bertahun ini mengalami kemajuan , bahkan kini Abah endang sedang budidaya jambu kristal.

” Saya bersyukur jerih payah membuka lahan ini ada kemajuan dalam hasilnya padi subur hasilnya lumayan bisa di nikmati, sekarang saya sedang budidaya jambu kristal semoga hasilnya sama baiknya.” Ujar tokoh supranatural di Purwakarta ini.

Sedangkan untuk tempat istirahat melepas lelah abah Nandang membuat gubuk lengkap dengan dapurnya di area ini di temani istrinya yang setia menemani aktivitasnya bertani ini.

Abah Nandang menjelaskan bahwa karna keterbatasan sarana prasarana dalam aktivitas program kenahanan pangan ini untuk perkembangan ke depan pihaknya tidak terlepas harus ada dukungan beberapa pihak yakni pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta terutama Bupati Purwakarta Ambu Anne melalui Dinas Pertanian, pihak Legislatif pusat Kang Dedi Mulyadi, Ketua DPRD Purwakarta H.Ahmad Sanusi Amor serta para investor yang siap memberi bantuan sarana Prasarana.

” Di Karnakan saya keterbatasan modal dan alat sarana parasana kami juga mohon bantuannya kepada bupati, Ambu Anne, perwakilan legislatif pusat kang Dedi Mulyadi dan DPRD Purwakarta H.Amor Sudi kiranya membantu hal ini.”papar Abah endang.

Program ketahanan pangan di area Situ Cisaat perlu dukungan pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta dan pihak Legislatif DPRD Purwakarta serta para investor demi kemajuan ekonomi desa yang mandiri.

” Semoga pihak Pemda Purwakarta Bupati Ambu Anne, legislatif pusat Kang Dedi Mulyadi, ketua DPRD Purwakarta H.Amor serta investor bisa memberikan bantuan , sehingga kemajuan ekonomi desa tercapai.” Pungkasnya.(Fuljo/Usep)

 

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here