Bagaimana Nasib Kota Bandung Jika Ibukota Provinsi Jabar Pindah? Begini Jawaban Wakil Ketua DPRD

Bandung, beritatandas.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh ungkap skenario dan nasib wilayah Kota Bandung jika ibukota Provinsi Jawa Barat dipindahkan.

Menurut oleh kendati ibukota Provinsi Jawa Barat pindah maka Kota Bandung sebagai landmarknya Jawa Barat akan tetap punya posisi istimewa.

“Bagaimana pun Bandung ini menjadi landmark Jawa Barat, khususnya dari segi inovasi dan pergerakan ekonomi,” kata Oleh Soleh Senin, 17 Oktober 2022.

Sebelumnya ia menyebutkan perpindahan ibukota Provinsi Jawa Barat sudah urgen dilakukan untuk saat ini mengingat sejumlah isu utama yang sedang dihadapi.

Diantranya adalah wilayah cekungan Bandung sudah terlalu padat, macet, dan sering banjir.

Oleh menuturkan wilayah Bandung Raya saat ini sudah terlalu padat, dimana ada sekitar 6-10 juta populasinya.

“Urgensi perpindahan ibukota Provinsi Jawa Barat ini sangat penting sekali. Jumlah penduduk yang bergerak di wilayah Bandung Raya ini sudah lebih dari 6-10 juta. Oleh karena itu harus segera direlokasi karena sering terjadi kemacetan dan banjir,” kata Oleh Soleh, Senin, 17 Oktober 2022.

Kendati demikian, Oleh mengingatkan bila keputusan pindah ibukota harus didasari oleh kajian yang komprehensif.

Politisi PKB ini menyebut Pemindahan ibukota harus bisa menyelesaikan masalah, bukan malah menambah masalah baru.

“Logika dasarnya Jakarta (ibukota negara) saja pindah ke Kalimantan Timur. Jawa Barat yang penduduknya lebih dari 50 juta, rasa-rasanya sangat penting dan sepakat, kalau Ibukota Jabar dipindahkan,” pungkasnya.***

Redaksi

Exit mobile version