Bulog Jadi Narasumber Studi Banding BUMDes di Desa Rancabango

beritatandas.id, SUBANG – Perum Bulog Sub Divre Subang menjadi narasumber dalam acara studi banding Badab Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Subang, Jawa Barat. Peserta yang belajar ke BUMDes Rancabango adalah kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Aceh Barat Daya, Banda Aceh.

Bulog menjadi narasumber karena selama ini sudah menjadi mitra BUMDes Berkah Abadi Desa Rancabango. Dalam kesempatan itu yang mewakili bulog menjadi pemateri adalah Gema.

“BUMDes Rancabango sudah menjadi mitra kami. Ini bisa dilakukan juga sama bapak-bapak di Kabupaten Aceh Barat Daya,” katanya saat menjadi narasumber, Senin (25/11/2019).

Dia menyampaikan, pada prinsipnya, Bulog menerima kemitraan dengan siapa saja, terlebih dengan BUMDes. Karena BUMDes memiliki kesamaan dengan Bulog, yaitu sama-sama badan usaha milik pemerintah.

“Kami terbuka, silahkan datang ke Bulog terdekat dari desa bapak masing-masing,” ujarnya.

Diketahui, sekitar seratus orang dari Kabupaten Aceh Barat Daya itu datang ke Desa Rancabango pukul 10.45 WIB, kedatangan para kades dan BPD disambut tari tradisional khas Jawa Barat yaitu tari Jaipong, selanjutnya opening ceremony, makan bersama dengan menu khas Jawa Barat.

Sebelum mulai pemaparan kepala desa soal kondisi Desa Rancabango H Rasam Suherman, para peserta salat berjamaah terlebih dahulu di musalah desa. Dilanjutkan pemaparan oleh Direktur BUMDes Berkah Abadi, Desa Rancabango, Ahmad Fauzi Ridwan,SE dan pemaparan terakhir oleh Perum Bulog.

Usai pemaparan, peserta dibawa ke rice milling (penggilingan padi) yang merupakan mitra BUMDes.

Terpantau para peserta sangat antusias saat melakukan kunjungan ke mitra BuMDes. Terlebih saat melihat beras yang dihasilkan atas penggilingan pabrik tersebut.

Redaksi

Exit mobile version