Desa Sindangmukti Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Karawang, beritatandas.id – Senin, 16 Oktober 203, Pukul : 09:00 Wib, Bertempat di halaman Kantor Desa Sindangmukti Kec Kutawaluya Kab Karawang bersama dengan Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar ) Kabupaten Karawang, melakukan Sosialisasi dan Simulasi Cara Menanggulangi Kebakaran.

Simulasi pemadam kebakaran ini diikuti oleh Hj. Rahmawati Dewi Kades Sindangmukti dan Staf Pemerintahan Desa, Tokoh Masyarakat dan masyarakat sekitar. Tepat pukul 09.00 Wib Acara Sosialisasi dan Simulasi Kebakaran di buka dengan pemberian sambutan oleh Kades Sindangmukti Hj. Rahmawati Dewi mengatakan simulasi antisipasi bencana kebakaran bertujuan sebagai kesiapan untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran yang sewaktu – waktu bisa terjadi terlebih saat ini di musim kemarau panjang.

Simulasi penanggulangan kebakaran mulai di peragakan langsung oleh Kades Sindangmukti Hj. Rahmawati Dewi, memadamkan api dengan menggunakan karung goni basah di pandu langsung dari tim damkar kabupate.

Acara dimulai dengan Pembekalan materi oleh Damkar Kabupaten Karawang tentang Kebakaran  antara lain :

1. Mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penanganannya.
2. Melaksanakan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api.
3. Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran.
4. Mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api.

Tujuan dari sosialisasi tersebut selain memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyebab kebakaran, juga melatih masyarakat agar mampu menanggulangi kebakaran dalam skala kecil baik dengan APAR maupun dengan alat tradisional misalnya karung goni basah.

Tim dari Kantor Pemadam Kebakaran mengawali sosialisasi  dengan memaparkan materi singkat tentang definisi api, unsur pembentuknya, dan cara penanganannya. Serta dilanjutkan dengan Pengenalan alat – alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran.

Kemudian dijelaskan pula tentang jenis dan cara penggunaan alat pemadam kebakaran seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta hubungannya dengan kelas kebakaran di halaman depan Kantor Desa Sindangmukti. Setelahnya, diadakan simulasi penanggulangan kebakaran dengan alat yang tersedia seperti dengan menggunakan karung goni basah dan APAR berbahan chemical powder, Sosialisasi berakhir sekitar pukul 11.30 wib

Lex

Exit mobile version