H Oleh Soleh Dorong Pemerintah Seriusi Komoditas Sayur dan Buah-buahan di Sektor Pertanian Jawa Barat

beritatandas.id, Bandung – Ketua Pemuda Tani HKTI Jawa Barat H Oleh Soleh meminta pemenuhan sektor pangan di Jawa Barat bukan hanya berfokus pada beras.

Politisi PKB ini menilai pemenuhan pangan lain yang harus di garap serius adalah hasil pertanian sayur mayur dan juga buah-buahan.

Sampai saat ini kata Oleh, pemenuhan pangan di komoditas buah-buahan masih mengandalkan import dari luar negeri, salah satu negara pemasok import buah-buahan ini adalah Thailand.

Padahal menurutnya, jika dua komiditas ini digarap serius dalam sektor pertanian di Jawa Barat dapat menjadi pemasok ke daerah-daerah lain di Indonesia.

“Nantinya bisa dipasok oleh daerah-daerah khususnya oleh Jawa Barat. Karena itu swasembada pangan secara total harus betul-betul terwujud di semua Kabupaten,” kata H Oleh Soleh Jumat, 3 Desember 2021.

“Saya punya mimpi besar bagaimana Jawa Barat ini jadi poros pangan Indonesia, dan Indonesia jadi poros pangan dunia,” sambungnya.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat ini juga berharap sektor pertanian tidak hanya mengejar kuantitas tetapi kualitas.

“Fakta di lapangan acap kali hasil pertanian kita sulit masuk ekspor, karena tidak masuk kriteria yang ada,” ujarnya.

Karena itu, petani muda harus di support, di afirmasi oleh pemerintah pusat dan daerah, bagaimana agar potensi pertanian betul-betul dapat dimaksimalkan.***

Redaksi

Exit mobile version