Ikut Jaga Kondusifitas Pilkada Purwakarta, Relawan Sahabat Muda Anne Gelar Lomba Pos Kamling Hybrid

Purwakarta, beritatandas.id – Menyambut Pilkada Serentak 2024, Relawan SMART (Sahabat Muda Anne Ratna Mustika) kembali menggelar lomba Pos Kamling yang dilaksanakan secara hybrid pada setiap Sabtu malam, mulai 12 Oktober 2024.

Acara ini melibatkan 500 pos ronda di seluruh Kabupaten Purwakarta dengan menggabungkan partisipasi langsung di lapangan dan Zoom meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan menjelang Pilkada, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menolak politisasi uang dalam pemilu.

Kang Fapet, Juru Bicara Tim Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan, menyatakan bahwa lomba ini tidak hanya berfokus pada keamanan lingkungan, tetapi juga pada transparansi dan integritas proses Pilkada.

“Pilkada ini harus terjaga, jujur, adil, serta transparan. Masyarakat berperan penting tidak hanya dalam mengamankan lingkungannya dari bahaya kriminalitas dan narkoba, tapi juga harus aktif mengawasi setiap gerak peserta kontestasi politik,” tegasnya.

Lomba ini diadakan setiap malam Minggu, dengan fokus pada kekompakan warga yang berjaga di pos ronda, kerapihan pos, dan kelengkapan peralatan keamanan. Setiap minggunya, tiga pos kamling terbaik akan dipilih sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah berupa liwetan (nasi liwet) dan opi-an (kopi dan camilan) senilai Rp300.000 hingga Rp500.000, yang akan menemani mereka saat meronda.

“Hadiah ini bukan berupa uang, tapi berupa liwetan untuk menjaga semangat kebersamaan di malam ronda. Jadi, setiap Sabtu atau Minggu malam dari pukul 20.00 hingga 00.00, kami akan mengumumkan tiga pemenang,” kata Kang Fapet.

Dengan mengusung tema “Tanggap Keamanan Sejak Dini”, acara ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga keamanan lingkungan serta memastikan Pilkada berjalan tanpa gangguan. Relawan SMART juga menyediakan fasilitas Zoom untuk memantau kegiatan setiap pos kamling secara virtual, dengan ID Meeting yang akan dibagikan kepada peserta setiap minggunya.

Bagi warga yang ingin bergabung dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai lomba pos kamling ini, bisa menghubungi Deni di nomor 0852-8061-3035.

“Ayo Ronda Malam! Mari kita jaga lingkungan dan bersama-sama wujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan bebas dari politisasi uang,” seru Kang Fapet, mengajak seluruh masyarakat Purwakarta untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga ketertiban selama Pilkada 2024.***

Reporter: Gani

Exit mobile version