Johan J Anwari Minta Pemerintah dan BPOM Segera Tangani Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Bandung, beritatandas.id – Kasus gangguan ginjal misterius pada anak belakangan dilaporkan meningkat di Indonesia. Bahkan, baru-baru ini Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat (Kadinkes Jabar), Nina Susana Dewi membeberkan setidaknya sudah ada 10 orang yang terkonfirmasi mengidap gagal ginjal akut, terpencar di 10 kabupaten/kota berbeda.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi V DPRD Jabar dari Fraksi PKB, Johan J Anwari, meminta pemerintah dan BPOM untuk segera menangani kasus ini dengan segera menarik semua obat di pasaran yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).

Berdasarkan informasi yang diketahuinya, kedua zat tersebut diduga menjadi salah satu pemicu kasus gagal ginjal akut pada anak yang terjadi di Indonesia beberapa waktu ini.

“Pemerintah harus sigap dalam menangani ini, tidak hanya melarang saja, tapi menarik semua obat yang ada di pasaran, karena yang berjualan masih ada dan masih bisa dibeli masyarakat,” ujarnya, Jumat (21/10/2022).

Johan menambahkan, meningkatnya kasus gagal ginjal pada anak-anak harus menjadi pelajaran berharga khususnya BPOM dalam mengawasi peredaran obat-obatan. Tidak hanya itu, pemerintah dan BPOM juga harus dapat memastikan bahwa obat lainnya aman dikonsumsi.

“Iya, harus dipastikan juga untuk obat lain, tidak hanya obat sirup untuk anak saja, karena masyarakat tidak akan tahu, masyarakat hanya menerima saja yang tahu isi kandungannya kan BPOM dan dokternya,” ucapnya.

Selain itu, Johan juga berpesan kepada seluruh orang tua untuk segera membawa anak mereka ke dokter bila mengalami gejala aneh, seperti kesulitan buang air kecil ataupun timbul pembengkakan di area tubuh tertentu. Hal ini dilakukan agar anak mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.***

Redaksi

Exit mobile version