Kanit Binmas Polsek Ibun Polresta Bandung Melaksanakan kegiatan Edukasi Tentang Lingkungan Hidup

Ibun – Kanit Binmas Polsek Ibun Polresta Bandung Ipda Nunuh Sutisna melaksanakan kegiatan edukasi tentang lingkungan hidup kepada siswa SDN Nengta Desa Mekarwangi. Senin (18-09-2023)

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Ibun Iptu Ilmansyah, S.E., M.H. menyampaikan Pendidikan Lingkungan Hidup harus ditanamankan sedari kecil kepada peserta didik untuk membentuk karakter sadar dan cinta akan lingkungan sekitar. Sikap ini harus ditanamankan berulang-ulang supaya peserta didik lebih peduli akan lingkungkan.

Banyak kegiatan dalam beberapa mata pelajaran yang dapat diintegrasikan untuk membentuk sikap cinta dan sadar akan lingkungan.

Kanit Binmas Polsek Ibun Polresta Bandung Ipda Nunuh Sutisna mengatakan, Pendidikan Lingkungan harus mampu mewadahi peserta didik untuk jeli menangkap peluang dan mengolah sampah yang biasanya dipandang sebelah mata menjadi berkah dan karya yang berguna dengan tujuan mampu menciptakan kesejahteraan ekonomi untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar. Banyak sekali kegiatan untuk mengolah sampah tersebut, diantaranya adalah sampah botol plastik yang diubah menjadi tempat pensil, bando, jepit rambut, tatakan meja makan dll. Begitu juga dengan sampah dari kulit buah naga. Kulit buah naga dapat diolah menjadi jeli kulit buah naga, sirup dan donat buah naga tanpa mengurangi kandungan vitamin di dalamnya.

Hal ini sudah dibuktikan dengan mengajak peserta didik dalam sekolah dengan gerakan sadar lingkungan untuk membuat dan menciptakan karya yang lebih baik. Butuh waktu dan pendampingan dari pendidik, supaya peserta didik mampu menyadari kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Dan masa pandemi ini adalah masa yang terbaik untuk mengaplikasikan gerakan sadar lingkungan yang dimulai dari rumah. Ungkap Ipda Nunuh. (Humas)

Exit mobile version