Kasat Lantas Terapkan CB Contra Flow Demi Urai Deras Arus Kendaraan Menuju Jakarta

Karawang, beritatandas.id  – Setelah libur Natal dan tahun baru, ribuan kendaraan dari arah Jawa dan Bandung terlihat memadati jalan tol Cikampek menuju Jakarta pada hari minggu 2 Januari 2022, sekitar pukul 12.15 Wib.

Menyikapi hal tersebut, Satlantas Polres Karawang bersama Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jawa Barat melaksanakan CB (Cara Bertindak) contra flow.

Kegiatan CB contra flow yang pada pukul 12.25 Wib digelar dari km 61 – km 47 (14 km) kearah Jakarta, diharapkan dapat mengurangi kemacetan atau kepadatan arus kendaraan dari arah Jawa dan Bandung menuju Jakarta.

Dikarenakan derasnya arus kendaraan dari arah Jawa dan Bandung menuju Jakarta, membuat anggota menerapkan CB contra flow dari km 65 – km 47 (18 km).

Kepadatan arus kendaraan sudah mulai terlihat sejak siang hari hingga malam hari, yang didominasi kendaraan dari arah Jawa dan Bandung.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP LD La Ode Habibi Ade Jama menerangkan bahwa “demi mengurai kepadatan arus kendaraan, kami melakukan CB contra flow yang semula dari km 61 sampai km 47 dengan radius 14 kilometer. Derasnya arus kendaraan, mengharuskan kami memperluas jarak CB contra flow dari km 65 sampai km 47 (18 km),” jelas Kasat Lantas.

Contra flow atau lawan arus adalah sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya.

Sistem ini dapat diterapkan untuk berbagai keperluan seperti evakuasi darurat, pemeliharaan jalan, dan mengatasi kemacetan.

Kasat Lantas menambahkan jika pihaknya belum bisa memastikan berapa lama contra flow/lawan arus akan terus diberlakukan, akan tetapi La Ode bisa memastikan setelah tidak terjadi kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek maka contra flow/lawan arus dihentikan.

 

Redaksi

Exit mobile version