KKN Mahasiswa UNSIKA Tahun 2021, Melatih Kreatifitas Bahasa Ekspresif Anak dengan Media Big Book

beritatandas.id, Karawang – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, KKN wajib diikuti oleh mahasiswa/i. Pendampingan Taman Kanak-kanak (TK) Mahasiswa KKN Universitas Negeri Singa Perbangsa Karawang (UNSIKA) tahun 2021 di dusun Cibalado desa Gintung Kerta Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 September 2021 berakhir pada tanggal 13 Nopember 2021 di TK Islam Medern As Sofwan dengan mengusung tema “PENDAMPINGAN PENGGUNAAN BIG BOOK MURANGKALIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK” Mahasiswa KKN UNSIKA membantu dalam kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dalam pembelajaran tersebut tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

Pendampingan TK merupakan salah satu bagian dari program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Singa Perbangsa Karawang. Upaya pendampingan yang dilakukan bertujuan untuk membantu perkembangan dan kreativitas anak dalam kegiatan pembelajaran, kata Ketua koordinator lapangan, Saepul Yusup kepada pewarta Media Online. Kamis (2/12/2021).

“ Dikatakan Saepul Yusup Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua minggu. Dengan kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda, dibagi empat kelompok, satu kelompok empat orang mahasiswa/i dengan jumlah keseluruhan 18 mahasiswa/i. Kegiatan tersebut meliputi penggunaan Big Book dengan tema yang berbeda-berbeda masing-masing mahasiswa/i. Ucap Saepul Yusup.

Dosen Pembimbing lapangan Ibu Feronika Eka Putri, S.T., M.Pd. saat di temui pewarta media online menyampaikan bahwa KKN Unsika tahun 2021 merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan tema penelitian dan pengabdian dosen. “Alhamdulillah KKN dengan tema pendampingan penggunaan big book murangkalih sudah terlaksana dengan baik. Mahasiswa unsika yang terlibat dalam KKN ini berasal dari prodi pjkr, pend bhs inggris, pend agama islam, ilmu komunikasi dan pend anak usia dini. Terangnya.

Di katakan Feronika Beragamnya keilmuan tersebut tidak menghalangi mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya berupa big book yang terkandung unsur kearifan lokal Jawa Barat. Produk bigbook terdiri dari buku cerita dan buku aktivitas, Mahasiswa mampu menghasilkan produk yang sangat menarik dari sisi tampilannya maupun isinya. Sehingga dapat menarik minat siswa paud as shofwan dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Kegiatan kkn ini sangat membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, jelasnya.

Kepala Sekolah TK Islam Modern Dede Sopian S.Pd.I. mengucapkaTerima Kasih atas pendamping TK dari rekan-rekan Mahasiswa Universitas Negeri Singa Perbangsa Karawang, kami sangat terbantu dengan kegiatan pembelajaran yang bervariasi. Sehingga anak-anak merasa senang dan tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, TK As Sofwan diberikan kesempatan adanya temen-temen mahasiswa/i KKN Unsika tahun 2021 sangat banyak manfaatnya sekali, terutama bagi siswa terekplorasinya cara belajar dan sharing pembelajaran antara guru dan mahasiswa antara pelaku pendidikan dan akademisi pendidikan sehingga menjadi wasilah antara praktik dan ilmu yang di pelajari mahasiswa, dan pengandian mahasiswa unsika sangat menyentuk masyarakat, terang Kepala Sekolah TK Islam Modern Dede Sopian S.Pd.I.

“Mudah-mudahan KKN mahasiswa/i Unsika ini senantiasa kedepannya dapat di kembangkan dan galakan lagi kepada hal-hal yang inovatif dan kreatif,” tutup Dede Sopian singkat. (Red)

 

Redaksi

Exit mobile version