Komisi II Minta Sekda Jabar Definitif Serius Tangani Sektor Ekonomi

beritatandas.id, BANDUNG — Komisi II DPRD Jawa Barat berharap Sekretaris Daerah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang baru dilantik secara definitif, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja Dipl. SE., M.Eng, benar-benar serius memperhatikan perkembangan ekonomi Jawa Barat.

“Tentu kami berharap Sekda baru yang hari ini (Jumat, 14/02/2020) dilantik, mampu menjalankan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya, terutama soal pengembangan perekonomian di Jabar,” harap Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, di Bandung.

Ia menegaskan agar pejabat Sekda tersebut apik dalam menjalankan tugasnya terkait proses pembangunan di Jabar, dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan.

“Harus lebih baik dari tahapan prosedur sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyarankan agar Setiawan Wangsaatmaja sebagai kaki tangan gubernur di jajaran birokrasi, belajar banyak dari provinsi lain mengenai beragam masalah. Karena belajar hal tertentu secara langsung dari provinsi lain yang sudah mengalami akan lebih baik untuk diterapkan di Jawa Barat.

“Belajarlah dari banyak tempat, misalnya Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI, dan lainnya. Semua yang baik itu kita adopsi. Semua yang belum maksimal kita optimalkan,” paparnya.

Rahmat pun mengingatkan Sekda baru agar segera mendalami adanya beberapa peraturan daerah (perda) baru, baik yang sudah mulai dijalankan maupun yang belum oleh Pemdaprov Jabar.

“Ini penting buat Sekda baru, beberapa perda baik yang sudah ‘on’ secara regulasi ataupun yang belum. Ada Perda yang belum bisa diimplementasikan karena belum ada Pergub (peraturan gubernur)-nya. Tapi harus disesuaikan pula dengan aturan yang lebih tinggi di pusat, seperti omnibus law bidang atau sektor pengembangan atau pembangunan perekonomian,” ungkap Rahmat.

Seperti diketahui, jabatan Sekertaris Daerah Pemdaprov Jawa Barat sebelumnya diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Sekitar delapan bulan. Setiawan Wangsaatmaja kini dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Sekda definitif, di Gedung Sate, Jl Diponegoro Bandung.

Dalam prosesi pelantikan tersebut, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, penetapan Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jabar didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 31/TPA tahun 2020 tanggal 30 Januari 2020 tentang pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Surat Keputusan Presiden tentang pengangkatan sekda terpilih, diterima oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada 11 Februari 2020, sesuai surat pengantar dari Menteri Dalam Negeri tertanggal 10 Februari 2020.

Setiawan sebelumnya pernah berkarir di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). Kemudian pada April 2013 diangkat sebagai Deputi Bidang SDM Apararatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Setiawan akhirnya terpilih sebagai Sekda Jabar setelah melalui proses open bidding, menggeser dua kandidat lainnya, yaitu Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jawa Barat).

Redaksi

Exit mobile version