Masa Ta’aruf Siswa-Siswi Madrasah Ma’arif NU Karawang: Mencetak Generasi Berakhlak dan Mandiri

KARAWANG, beritatandas.id – Semangat menyala-nyala tampak di wajah 45 siswa-siswi Madrasah Ma’arif NU Kabupaten Karawang yang dengan khidmat mengikuti Masa Ta’aruf Siswa-Siswi dari tanggal 14 hingga 18 Juli 2024.

Bertempat di Kantor Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Ma’arif NU Kabupaten Karawang, acara ini menghadirkan nuansa kebersamaan dan komitmen untuk mencetak generasi unggul.

Dihadiri oleh para tokoh penting seperti pengurus Banser, Pagar Nusa, LP Ma’arif NU Kabupaten Karawang, Pengurus MWC NU Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, dan Dewan Guru Madrasah Ma’arif NU Kabupaten Karawang.

Mengusung tema yang menggugah: “Merajut Ukhuwah Membentuk Pribadi Berakhlak dan Berkerikemanusian Serta Menumbuhkan Kemandirian Anak Untuk Menggapai Prestasi Gemilang”.

Heru Saleh, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya memahami tren pelajar masa kini untuk mencapai kaderisasi yang efektif.

“Pengkaderan formal ibarat kawah candradimuka yang membentuk karakter ideologis setiap kader,” ujarnya.

Namun, ia menekankan bahwa pengkaderan juga harus adaptif terhadap isu-isu aktual dan realitas sosial untuk menghasilkan kader yang tidak hanya setia, tetapi juga memiliki kesadaran dan kohesi sosial yang kuat.

Kegiatan ini juga menjadi momen istimewa dengan hadirnya H. Deden Permana, S.Pd., Ketua PCNU Kabupaten Karawang, sebagai narasumber dalam sesi histori ke-NU-an. Ia menegaskan bahwa Masa Ta’aruf Madrasah berperan sebagai wadah perjuangan pelajar Nahdlatul Ulama dalam mempersiapkan kader penerus yang siap mengembangkan ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah.

“Selain memiliki wawasan Islam Aswaja yang memadai, siswa-siswi juga harus sadar bahwa Islam adalah agama yang membawa kedamaian, bukan kekerasan,” jelasnya.

Acara ini bukan sekadar ajang perkenalan, tetapi juga menjadi momentum strategis untuk menumbuhkan kemandirian dan potensi siswa.

LP Ma’arif NU Kabupaten Karawang berkomitmen membuat proses kaderisasi lebih relevan, dinamis, dan mampu memberdayakan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Ma’arif NU Kabupaten Karawang.

Dengan semangat dan komitmen yang ditunjukkan dalam Masa Ta’aruf ini, harapan besar tertuju pada generasi muda NU yang akan menjadi pemimpin tidak hanya di komunitas NU atau Muslim, tetapi juga di tingkat nasional dan internasional.

Masa Ta’aruf ini membuktikan bahwa pendidikan dan pengkaderan yang menyeluruh dan adaptif mampu mencetak generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan zaman.

Penulis: Jauhari
Editor: Joe

Exit mobile version