Meriahkan HUT RI Ke-78, Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk monitoring Penilaian Lomba Hias Gapura di tiap-tiap Desa

Cileunyi – Warga Desa Cinunuk tampak bersemangat menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satunya yang dilakukan warga Komp. Manglayang Regency Rw.28 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Mereka menghias gapura dengan tema HUT RI ke-77, di jalan masuk RW, Selasa (15/8/2023)

Warga baik tua, muda dan remaja bergotong royong membuat desain gapura dari bahan-bahan sederhana. Gapura bambu didesain unik dan kreatif oleh masing-masing RT di Kampung Damaran khususnya RW 03.

Gapura yang dihias di RW.28 ini dibentuk dengan nuansa merah putih, dihiasi dengan lambang Garuda dan Gambar Presiden RI pertama soekarno.

Semua gapura bertuliskan Dirgahayu HUT RI ke-78, dan angka 17, 08, dan 45 tanggal hari kemerdekaan.

“Pembuatan gapura untuk menggugah kembali semangat memperingati Hari Kemerdekaan. Dulu menjelang 17 Agustus, banyak gapura berdiri, tapi bikin sudah jarang,” kata Ketua RW 28 Sdr. Dani

Untuk menambah semangat, diadakan Lomba Menghias Gapura. Gapura-gapura itu sudah dinilai oleh tim Penilai Gapura Tingkat Desa.

“Kami mengapresiasi semangat gotong royong dan nasionalisme warga yang luar biasa. Mereka bergotong royong dan saling bantu demi mengkreasikan gapura dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78,” ujar Bhabinkamtibmas Aipda Heri Maryadi

Bhabinkamtibmas Aipda Heri Maryadi mengapresiasi semangat warga RW 28 untuk menyemarakkan HUT RI ke-78. Saat ini, hal seperti itu sudah langka, sehingga semangat warga RW 28 patut ditiru

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. mengatakan Lomba menghias Gapura digelar dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, yaitu dengan menghias sebuah Gapura yang dapat merepresentasikan Desa tersebut sehingga dapat menjadi ciri khas yang menggambarkan keramahan dan rasa hormat masyarakat baik Desa Mekarasih ataupun Desa Cinunuk terhadap masyarakat luar atau tamu yang datang.

Pelaksanaan kegiatan yaitu melakukan penilaian bersama Tim Penilai dari masing-masing Desa untuk memperoleh hasil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebagai bentuk umpan balik bagi pelaksanaan kegiatan Lomba Gapura tersebut.

“Kami harap dengan diadakannya Lomba Gapura ini mampu meningkatkan kreativitas warga masyarakat dan memupuk semangat gotong royong serta kerja sama antara warga masyarakat di Wilayah Desa Binaannya masing-masing” ucap Kapolsek Mengakhiri keterangannya

Exit mobile version