Meriahkan HUT RI Ke-78, Binmas Desa Cibiru Hilir bersama Babinsa jadi Tim Penilai Kreasi Gapura Tingkat Desa

Cileunyi – Dalam memperingati Hari kemerdekaan Republik indonesia yang ke 78 Tahun 2023, banyak cara yang dilakukan Masyarakat indonesia untuk turut memeriahkan Euforianya.

Berbagai macam perlombaan diselenggarakan oleh masyarakat dimulai dari perlombaan anak-anak hingga dewasa. hal ini bertujuan untuk meninggikan rasa kecintaan terhadap tanah air dan memupuk semangat kebersamaan didalam momen hari kemerdekaan.

Kegiatan perlombaan juga di selenggarakan oleh Masyarakat Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, dengan menggelar lomba Hias dan kreasi Gapura.

Dan Kali ini Bhabinkamtibmas Desa Cibiru Hilir Polsek Cileunyi Polresta Bandung Aiptu Asep Sobar Lesmana bersama Babinsa Koramil 2413/Cilengkrang Serma Deden dipercaya dan ditunjuk sebagai Juri perlombaan Hias Gapura di tingkat Desa salah satunya di Aspol Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sabtu (19/8/2023)

Disela kegiatan, Bhabinkamtibmas Aiptu Asep Sobar Lesmana menyampaikan bahwa, dengan adanya berbagai perlombaan dalam momen kemerdekaan ini mampu mewujudkan rasa nasionalisme terhadap seluruh lapisan masyarakat.

“Hari ini saya selaku Bhabinkamtibmas Desa Cibiru Hilir dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi juri dalam perlombaan hias dan Kreasi Gapura, dan penilaian tidak hanya dari struktur Bangunan gapura saja namun dari keunikan serta tingkat kreatifitas dalam ornamen yang di hias pada Gapura.

Sebagai juri saya harus bisa bersikap obyektif adil dan bijaksana karena menjadi juri tidaklah mudah agar perlombaan berjalan dengan lancar tanpa ada rasa kecemburuan sosial antar masyarakat”. ujarnya.

Sambungnya, “Perlombaan tidak hanya di tingkat Rt saja namun sampai tingkat Rw, sehingga menciptakan ikatan tali silaturahmi semakin erat dan kuat dan ini semua berfungsi untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia yang handal dan berkarakter”. pungkas suyanto.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. menuturkan bahwa “Kegiatan lomba gapura hias diikuti oleh seluruh Rt dan Rw Desa Cibiru Hilir dan ini sangat bagus untuk mengenang kembali nilai-nilai perjuangan pada pendahulu bangsa yang telah membawa negeri ini menuju alam kemerdekaan,” tuturnya

Ditambahkannya, semangat cinta tanah air dan NKRI harus terus dipupuk setiap anak bangsa. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkannya, salah satunya dengan membuat kegiatan Semarak Kampung seperti Yang dilaksanakan di Desa Cibiru Hilir.

“Rasa cinta tanah air belakangan ini makin luntur seiring kemajuan zaman dan modernisasi di segala bidang, terlepas dari bagaimanapun perkembangan zaman, kepedulian terhadap negeri harus terus membara,” pungkasnya.

Exit mobile version