Pesona Wisata di Kampung Madang Sukasari

beritatandas.id PURWAKARTA – Untuk melepas dari kesibukan sembari menikmati keindahan alam, kegiatan camping menjadi salah satu pilihan terbaik.

Di Kabupaten Purwakarta memiliki tempat-tempat untuk camping dengan pemandangan indah dan suana alam yang menenangkan dan menyejukkan.

Salah satunya di objek wisata Kampung Madang, dengan pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan. Tampak danau yang luas, rumput hijau, dan barisan pegunungan.

Tempat ini terletak di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Pengunjung juga bisa menyaksikan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan.

Ketua Karang Taruna Kampung Madang, Rojak mengatakan, di kampung Madang ini menyuguhkan pemandangan yang asri dengan hantaran pegunungan yang indah dan danau Jatiluhur.

“Hembusan angin terasa sejuk dan menenangkan menambah kenyamanan selama berada di kampung Madang ini. Jadi tempat ini sangat pas untuk camping guna melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari,” ungkap Rojak pada Sabtu (13/2/2021).

Di Kampung Madang ini, lanjut dia,  tersedia spot-spot foto yang cantik dan instagramable, warung makan, mushala, dan toilet.

“Saat ini, Kampung Madang ini tengah kami didorong menjadi tempat wisata  di Kecamatan Sukasari dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman. Yang bakal menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Purwakarta,” ungkap Rojak.

Dalam pengembangan Kampung Madang ini, ia mengaku dapat dukungan dari berbagi pihak dan tokoh-tokoh di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah Kami karang taruna Kampung Madang mendapat dukungan dari sesepuh pembuka kampung madang yakni, Ketua RW 06, pak Khotib, Ketua RT 10, Pak Ahmad dan ketua RT 14, pak Hara, serta Pjs Kepala Desa Kertamanah, Pak Sundana, yang membimbing pengelolaan wisata kampung Madang ini,” beber Rojak.

Selain itu, tambah dia, di kampung Madang ini merupakan tempat wisata kuliner yang nikmat dan lezat memanjakan lidah.

“Kuliner yang jadi andalan di wilayah ini iyalah nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, dan bakakak ayam. Sambil menyantap makanan yang nikmat, juga bisa sambil menikmati pemandangan alam yang indah khas Kecamatan Sukasari,” paparnya.

Bagi yang ingin berwisata ke Kampung Madang anda tinggal membayar tiket masuk Rp. 5.000 untuk Motor dan Rp.10.000 untuk mobil. Namun bila berkemah, akan dipungut biaya Rp 10.000 per orang.

Tak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan sewa matras Rp. 20.000 kapasitas 4 orang, Sewa lampu Rp.10.000, jual kayu bakar Rp.20.000/ikat, dan sewa Sofa bed Rp.10.000.

“Bagi yang tidak membawa tenda untuk camping, kami juga menyediakan paket lengkap seharga Rp.200 ribu rupiah dengan fasilitas 1 unit tenda dan matras untuk kapasitas 4 orang, 1 unit lampu, 1 unit sofa bed, serta 1 ikat kayu bakar. Jadi wisatawan tinggal datang saja, kami sediakan fasilitas untuk camping,” ungkap Rojak

Terpisah, Pjs Kepala Desa Kertamanah, memang masih jarang wisatawan yang mengenal objek wisata dengan pemandangan indah terebut.

“Kampung Madang ini bakal jadi destinasi wisata andalan di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari. Saat ini pihak desa dan karangtaruna sedang melakukan pembenahan, baik akses jalan serta kerja sama dengan warga sekitar,” ucap pria yang akrab disapa Kisun itu.

Menurutnya, potensi wisata ini akan sangat berdampak kepada perekonomian warga yang notabene penghasilannya dari pedagang dan nelayan.

“Dengan dibukanya kampung Madang sebagin Desatinasi Wisata masyarakat di lokasi itu merasakan dampak peningkatan perekonomiannya. Warga diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung wisatawan seperti usaha kuliner dan suvenir,” imbuhnya.

Kisun berharap kepada masyarakat dan pengelola destinasi wisata kampung Madang supaya tetap memberikan pelayanan baik dan menyediakan fasilitas nyaman y yang berwisata ke Kampung Madang ini,” pungkasnya.

 

Redaksi

Exit mobile version