Polisi Plered dan Maniis Polres Purwakarta Giat Pengamanan Arus Mudik dan Balik

POLRES PURWAKARTA – Kegiatan pengaman di Pos PAM Bendungan Cirata Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Plered dan Maniis Polres Purwakarta melaksanakan kegiatan pengamanan arus mudik dan balik serta para pengunjung yang akan berwisata di kawasan bendungan Cirata dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1444-Hijriah.

Pengamanan bersama secara sinergis dari aparat gabungan Polsek Plered dan Polsek Maniis tersebut sebagai kelanjutan dari giat Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023, di Pos Pam Cirata, pada H+2 Senin (24/04/2023).

Polri dalam hal ini  sebagai Pelindung, Pengayom, dan pelayan Masyarakat merupakan salah satu tugas Pokok yang di emban Polri. Sebagaimana yang di sampaikan Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain, S.I.K, S.H melalui Kapolsek Plered Kompol Suparlan, S.Pd, untuk memberikan kenyamanan para pengguna jalan yang melintas bendungan Cirata, serta bagi para pengunjung/wisatawan yang berkunjung untuk berwisata, jajaran Polsek Plered dan Polsek Maniis Polres Purwakarta menyiapkan pos terpadu hingga pos pengamatan dan pengamanan untuk mengamankan serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Kapolsek Plered

Selanjutnya untuk pos pengamanan kapolsek menyebutkan “bahwa Polsek Plered dan Polsek Maniis telah menyiapkan pos pengamanan bersama, dan di berikan call center bila terjadi urgent bagi para pemudik,” ungkapnya

Lanjut Suparlan: “Bendungan Cirata adalah salah satu objek vital nasional, adapun fungsi dari Bendungan ini adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA), juga sebagai obyek wisata, sebagai penghasil ikan air tawar dengan jaring apungnya, kemudian menyuplai air untuk irigasi pertanian melalui sungai Citarum, lalu sebagai sarana olahraga air. yang jelas obyek vital ini harus di jaga serta dipelihara, kemudian sebagai warga negara harus juga mengikuti arahan dan dan petunjuk baik yang sudah terpampang maupun himbauan dan arahan dari petugas yang sudah ditempatkan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantipasi hal-hal yang tidak dinginkan, di sekitar obyek wisata ini.” Sambung Kapolsek Plered.

Secara geografis Waduk Cirata berada di wilayah Kabupaten Purwakarta yang berbatasan dengan kabupaten Bandung Barat, lebih tepatnya letaknya berada di Kecamatan Maniis, bendungan ini juga merupakan jalur alternatif bagi para pengguna jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Purwakarta dengan Kabupaten Bandung Barat serta kabupaten Cianjur,” tandasnya.

Dari hasil pantauan kami arus kendaraan dari ke dua arah masih ramai lancar, begitupun para pengunjung cukup tertib, salah satunya dari kesadaran para pengguna jalan dan para wisatawan domestik, juga tak lepas dari kesigapan para petugas dilapangan.

Exit mobile version