Polres Purwakarta Bentuk Polisi RW sebagai Upaya Atasi Permasalahan Masyarakat

PURWAKARTA – Polres Purwakarta mengelar pelatihan Polmas kepada Polisi RW di wilayah Kabupaten Purwakarta, pada Jumat, 5 Mei 2023, yang bertempat di Aula Sarja Arya Rancana, Mapolres Purwakarta.

Diketahui, Polisi RW adalah anggota Polri yang disiapkan dan ditugaskan diwilayah RW untuk menyelenggarakan pemolisian masyarakat, membangun komunitas yang dapat bekerjasama dengan masyarakat dalam meniadakan gangguan Kamtibmas dan Polisi.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Binmas, AKP Gugun Gunandi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polri untuk meningkatkan penyelenggaraan Harkamtibmas dengan menempatkan personel Polri dari berbagai fungsi Kepolisian, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

“Jadi Polisi RW ini akan bertugas yang pertama bersinergi dengan elemen masyarakat melaksanakan early morning dan early detection, yang kedua berperan dalam problem solving yaitu mengatasi konflik masalah sedini mungkin dan yang ketiga mengoptimalkan dan mengefektifkan peran Polri baik Preemtif dan Preventif, melalui pelatihan ini kita harap mereka siap melaksanakan tugas sehingga kedepan bisa menjadi polisi yang lebih bermanfaat dimasyarakat,” ucap Gugun.

Lebih lanjut, Gugun menyampaikan melalui kolaborasi yang telah berjalan dirinya mohon dukungan untuk program polisi RW ini kepada Pemerintah Daerah dan jajaran TNI di Kabupaten Purwakarta sehingga apa yang dilakukan Polri melakukan program ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri lebih meningkat lagi.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut petugas Polisi RW dapat memahami sehingga dapat membangun kemitraan dengan masyarkat guna mewujudkan Polri dan masyarakat yang didasarkan pada kesepakatan untuk menangani dan memecahkan masalah yang menimbulkan potensi gangguan keamanaan dan ketertiban masyarakat,” harapnya.

Purwakarta, Kamis, 4 Mei 2023

Exit mobile version