Pos Satkamling Desa Sukamadijaya Ciasem, Kapolres Subang beserta Dandim 06/05 Subang Pimpin Langsung Penilaian Lomba Satkamling Tingkat Polres

POLRES SUBANG – Dalam rangka menciptakan Harkamtibmas yang Kondusif di wilayah hukum Polsek Ciasem Polres Subang Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Dsn Margaluyu Timur Rt 31 Rw 14 Ds. Sukamandijaya Kec. Ciasem Kab. Subang mendapat kunjungan dari Tim Penilai Lomba Satkamling Tigkat Polres Subang yang dipimpin langsung Kapolres Subang AKBP Sumarni, Polsek Ciasem menunjuk Pos Satkamling Desa Sukamandijaya sebagai perwakilan Kecamatan Ciasem untuk mengikuti lomba Satkamling tingkat Polres Subang dan sekaligus sebagai tempat berlangsungnya perlombaan tersebut.

Penilaian yang dipimpin oleh ketua tim yakni Kapolres Subang beserta Dandim 06/05 Subang Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han tersebut dilaksanakan mulai pukul 22.00 WIB, Jum’at (5/5/2023) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Ciasem, Kabagops Polres Subang, Kasat Binmas Polres Subang serta Forkopincam Kec Ciasem, para perangkat desa dan warga sekitar.

Kapolres Subang menyampaikan, kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat satkamling guna meningkatkan keamanan di wilayah sendiri, karena kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama. Karena dengan ditingkatkannya poskamling dapat mendeteksi sejak dini dan menangkal serta mencegah timbulnya berbagai tindak kejahatan.

“Satkamling merupakan pam swakarsa yang merupakan budaya di tingkat RT dan RW. Dengan di selenggarakannya lomba ini dapat mewujudkan masyarakat yang aman dan nyaman serta merupakan tindak lanjut dan partisipasi aktif bela Negara dalam hal keamanan di lingkungan,” kata Sumarni.

Melalui kegiatan tersebut, Kapolres Subang juga menyampaikan untuk kembali mengaktifkan serta mendongkrak kegiatan Satkamling di tengah tengah masyarakat. Sebab, di beberapa daerah kegiatan satkamling ada kecenderungan menurun sehingga perlu upaya penggalakan kembali, mengingat Kamtibmas adalah tanggung jawab bersama semua pihak.

Adapun pesan Dandim 06/05 Subang Letkol Inf Bambang Raditya mengatakan Keamana merupakan tanggungjawab kita semua, besar harapan yang sudah dilaksanakan agar bukan hanya pada saat penilaian saja namun berkelanjutan agar aman dan nyaman, berikan pelatihan cara praktis menangani terjadinya kriminalitas, serta cara memukul kentongan yang benar edukasi masyarakat agar paham, jelasnya.

Di kesempatan penilaian, lomba Satkamling disambut cukup antusias dengan ditandai puluhan warga yang hadir.

Exit mobile version