Tangkal Covid-19, Warga Binaan Lapas Purwakarta Jalani Vaksin Kedua

beritatandas.id, Purwakarta – Sebagai upaya untuk memutus mata rantai Covid-19, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta melengkapi vaksinasi dosis kedua, Sabtu (28/8/2021).

“Adapun vaksinasi dosis pertama sudah dilakukan bulan Juli lalu, sebanyak 354 warga binaan. Kerena ada warga yang tak lolos skrining dan ada warga binaan yang sudah pulang jadi tahap kedua ini ada 338 warga binaan yang melakukan vaksin,” ucap Kalapas Purwakarta, Sopian.

Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Pelaksanan ini diharapkan mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity, khususnya WBP di Lapas Kelas IIB Purwakarta.

Vaksinasi yang dilaksanakan merupakan kerjasama dengan Polres Purwakarta. Dengan demikian, vaksinasi untuk menangkal Covid-19 di Lapas Purwakarta dapat terlaksana dengan baik.

Sopian menambahkan, guna mengendalikan penularan Covid-19, vaksinasi ini bukan satu-satunya cara. Hal ini harus disertai juga komitmen dalam melaksanakan 5M.

“Mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi aktivitas khususnya bagi WBP,” ujarnya.

Dia mengimbau, meski telah mendapatkan vaksinasi tahap II, WBP di Lapas Purwakarta ini tetap harus mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Ini menjadi perhatian utama kami sehingga tidak ada kasus penyebaran Covid-19 kluster Lapas. Harus tetap prokes, sehingga terhindar dari Covid-19,” ucap Sopiana.

Redaksi/Fauzi

Exit mobile version