Anggota DPRD Jabar M Faizin Tinjau Pembangunan Insecnerator di Kabupaten Purwakarta

Purwakarta, beritatandas.id  – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Kunjungan kerja ke Kabupaten Purwakarta dalam rangka meninjau Pembangunan Insecnerator, Senin, 23 Mei 2022.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, M. faizin, S.E, mengungkapkan bahwa alat pengolah sampah (insecnerator) model SP-INC2000 ini sudah ramah lingkungan sesuai dengan standae yang ditetapkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Insecnerator yang di banderol seharga Rp2 Milyar ini, mampu mengatasi masalah sampah ditingkat hulu dan hanya membutuhkan tempat yang relatif kecil, cukup dengan 500 meter persegi dengan kemampuan kapasitas pengolahan sampah sampai 2 ton per hari dengan lama kerja sekitar 8 jam.

“Alat pengolah sampah yang ada di Kabupaten Purwakarta ini merupakan sebuah terobosan baru yang perlu dikembangkan oleh daerah lain yang ada di Jawa Barat,” ujarnya.

Anggota DPRD Fraksi PKB ini berharap alat tersebut jangan sampai hanya ada di dua atau tiga TPST saja, melainkan sampai seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat.

“Diharapkan alat ini dapat dirasakan juga oleh daerah lain di Jawa Barat. Perlu di pahami sebelum proses pengolahan sampah, alangkah perlu nya pemilahan sampah organik dan an organik ditingkat rumah tangga oleh masyarakat sebelum sampai ke pusat pengolahan di tingkat RW,” ungkapnya.***

 

Redaksi

Exit mobile version