Bhabinkamtibmas Polsek Ciasem Dampingi Nakes Program Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) Cacingan di SDN II Rajapolah Ciasem Baru Subang

SUBANG – Cacingan merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia karena berjangkit di sebagian besar wilayah Indonesia dan dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan, produktivitas.

Dalam rangka upaya reduksi cacingan Bhabinkamtibmas desa Ciasem Baru Aiptu Otong Saefuri beserta Tenaga kesehatan Puskesmas Ciasem melaksanakan pemberian obat cacing ke Peserta didik Sekolah Dasar Negeri Rajapolah II dusun Rajapolah desa Ciasem baru Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang secara serentak melaksanakan kegiatan minum obat cacing yang diberikan petugas Puskesmas Ciasem Kecamatan Ciasem, sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan. Sabtu (20/05/2023)

Kapolres Subang AKBP Sumarni, SIK, SH, MH melalui Kapolsek Ciasem Kompol Dede Suherman, AMd mengatakan Polri akan terus mendukung setiap program pemerintah dalam segala bidang yang bertujuan untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat seperti kegiatan POPM Kecacingan untuk anak sekolah dasar ini.

“Kami dari Polsek Ciasem Subang akan mendukung setiap kegiatan program Positif dari pemerintah apalagi jika kegiatan tersebut bermanfaat langsung bagi warga masyarakat seperti program POPM Kecacingan ini, tentunya dengan kegiatan ini kita menginginkan generasi yang sehat, cerdas dan aktif dalam proses pembelajaran,” kata Kapolsek ciasem.

Ditambahkannya generasi yang sehat dan cerdas adalah keinginan kita semua dan sejalan dengan tujuan pemerintah yang menghendaki masyarakat yang sejahtera yang berawal dari masyarakat sehat dan cerdas. Masyarakat yang sehat dan cerdas akan menjadikan mereka produktif dalam mendukung kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sekolah perannya mendidik dan menyiapkan generasi yang religius dan cerdas untuk mendukung pembangunan dimasa yang akan datang untuk menjadikan masyarakat yang sejahtera,” tambah Kapolsek.

Sementara petugas kesehatan dari Puskesmas Ciasem menyampaikan maksud kedatangannya ke sekolah-sekolah yaitu menjalankan program kesehatan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan di Sekolah Dasar.

Kami memberikan obat cacing untuk nantinya dibagikan kepada anak agar diminum sesuai dengan aturan. Ini merupakan program pemerintah bidang kesehatan yang tujuan akhirnya tentu untuk menjadikan warga khususnya anak-anak yang sehat, ceria, cerdas dan bebas dari kecacingan,” ungkapnya.

Selanjutnya mengatakan pemberian obat cacing sangat penting bagi anak usia sekolah sebagai bagian mendukung kesehatan anak dalam aktivitasnya belajar.

Cacingan tidak bisa dianggap remeh karena bisa membuat penyerapan asupan gizi tidak sempurna yang dapat menimbulkan pertumbuhan anak terganggu sehingga aktifitas belajar anak menurun. Adapun anak yang bebas dari infeksi cacing katanya, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi sehingga mempengaruhi perbaikan kognitif dan prestasi anak di sekolah,” terangnya.

Exit mobile version