DPRD Jabar Soroti Tingginya Kasus Penyakit Tidak Menular di Jabar yang Kondisinya Mengkhawatirkan

Bandung, beritatandas.id – Tingginya angka kematian dari penyakit tidak menular di Jawa Barat sudah berada di kondisi mengkhawatirkan.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Johan J Anwari, yang mengingatkan kepada semua unsur, baik pemerintahan, personal maupun lembaga lainnya untuk bersama-sama menjaga kesehatan dengan hidup yang teratur. Dikatakannya, lebih baik mencegah daripada mengobati adalah istilah yang harus kita jadikan pedoman.

“Penyakit tidak menular ini sekarang justru lebih banyak menyumbang angka kematian, termasuk jumlah kasusnya juga yang begitu mengkhawatirkan. Itu sebabnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus melakukan upaya-upaya preventif terkait dengan penyakit ini, karena mencegah lebih baik dari mengobati,” ujar Johan dalam keterangannya, Kamis (20/10/2022).

Dikatakannya penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung, sampai osteoporosis menjadi momok yang menakutkan bagi warga Jabar. Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup yang sehat, masih kurang.

“Minum air putih sebanyak 2 liter perhari adalah contoh pola hidup sehat yang sederhana, selain itu asupan buah dan sayuran yang sesuai. Olahraga, seperti senam saat ini lebih banyak dilakukan oleh orang tua, sedangkan orang mudanya jarang,” lanjutnya.

Johan menambahkan, peran pemerintah dalam mensosialisasikan hidup sehat sebagai langkah preventif harus dilakukan. Tujuannya agar masyarakat bisa lebih memahami resiko dan akibat jika mengabaikannya.***

Redaksi

Exit mobile version