FASI XII Tasikmalaya Berlangsung Meriah, H. Oleh Soleh: Semoga Menjadi Spirit Menimba Ilmu

Tasikmalaya, beritatandas.id – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Jawa Barat sukses menggelar acara Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) Ke XII di Komplek Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya.

FASI XII yang rencananya akan digelar pada 5 – 7 Juli 2024 ini diikuti 1.032 peserta, 378 pembina pembimbing dan Official sebanyak, mewakili 27 kafilah Kabupaten/ Kota se Jawa Barat.

Dalam kegiatan bertajuk: “SANTRI HEBAT: Menuju Bebas Buta Huruf Baca Tulis Al-Qur’an di Provinsi Jawa Barat” ini ada 14 perlombaan yang diikuti kafilah.

Nantinya peserta yang menjadi juara di FASI XII ini akan menjadi perwakilan dari provinsi Jawa Barat di FASI tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta sekitar bulan Oktober 2024 mendatang.

Ketua DPW BKPRMI Jawa Barat H. Oleh Soleh dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini LPPTKA BKPRMI Jawa barat membina 11.680 unit TKA,TPA dan TQA dengan jumlah ustadz-ustadzah sebanyak 86.591 dan 1.082.763 Santri-santriah yang tersebar di 27 kabupaten kota di Jawa Barat.

“Pada Tahun Pelajaran 2023/2024 peserta Munaqosyah atau ujian komprehensif baca tulis Al-Qur’an sebanyak  64.826 santri-santriah artinya LPPTKA BKPRMI Jawa Barat membantu pemerintah memberantas buta baca tulis Al-Quran tiap tahun rata-rata 60.000 santri santriah. Alhamdulillah sampai saat ini Alloh SWT Memberikan barokah kepada kami,” kata H. Oleh Soleh yang juga Wakil Ketua DPRD Jawa Barat dalam sambutannya di Pembukaan FASI XII Jumat, 5 Juli 2024.

Turut hadir dalam pembukaan Gebyar FASI XII tahun 2024 ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat, Forkompimda Kabupaten Tasikmalaya, DPP BKPRMI, dan DPC BKPRMI Se-Jawa Barat.

Oleh menjelaskan Festival Anak Soleh merupakan ajang evaluasi kolosal atas proses pembelajaran yang diselenggarakan secara regular di unit-unit TKA-TPA maupun TQA.

“Melaui FASI ini diharapkan menjadi ajang silaturrahmi para pembina dan pengembang Taman kanak- kanak Al-Quran dan aktivis-aktivis pemuda remaja masjid se Jawa Barat,” ujar Oleh Soleh.

FASI ini merupakan agenda tiga tahunan LPPTKA-BKPRMI yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat desa atau kelurahan sampai tingkat nasional.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan FASI Ini memberikan spirit kepada para pendidik utamanya para anak didik santri santriah di Jawa Barat agar tetap semangat dalam menimba ilmu agama,” papar dia.

Gebyar FASI XII ke juga dimeriahkan dengan acara kegiatan sosial kemasyarakatan, salah satunya adalah pelayanan kesehatan gratis, konsultasi hukum, bersih-bersih masjid kemudian apel 1000 Brigade masjid, kemudian bazar UMKM dan warung-warung amal.

“Sebagai ketua DPW mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dimana Alhamdulillah dihadiri oleh seluruh Forkopimda baik Forkopimda provinsi maupun kabupaten kota se Jawa Barat,” imbuh dia.

Ia juga mengucapkan terima kasih juga kepada seluruh warga masyarakat para agnia terutama kepada Pemda Tasikmalaya yang telah mefasilitasi secara penuh terhadap suksesi FASI XII.

“Mudah-mudahan amal kebaikannya menjadi keberkahan buat Kabupaten Tasikmalaya dan Insyaallah Jawa Barat menargetkan FASI 2024 tingkat nasional menjadi juara umum,” pungkas dia.***

Redaksi

Exit mobile version