Pimpinan DPRD: Urgensi Pindah Ibukota Jabar Urgen karena Cekungan Bandung Sudah Padat

Bandung, beritatandas.id – Pemindahan Ibukota Provinsi Jawa Barat dinilai mendesak karena wilayah cekungan Bandung sudah terlalu padat, macet, dan sering banjir.

“Urgensi perpindahan ibukota Provinsi Jawa Barat ini sangat penting sekali. Jumlah penduduk yang bergerak di wilayah Bandung Raya ini sudah lebih dari 6-10 juta. Oleh karena itu harus segera direlokasi karena sering terjadi kemacetan dan banjir,” kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Oleh Soleh, Senin (17/10/2022).

Meskipun demikian, Oleh mengingatkan bila keputusan pindah ibukota harus didasari oleh kajian yang komprehensif. Pemindahan ibukota harus bisa menyelesaikan masalah, bukan malah menambah masalah baru.

“Logika dasarnya Jakarta (ibukota negara) saja pindah ke Kalimantan Timur. Jawa Barat yang penduduknya lebih dari 50 juta, rasa-rasanya sangat penting dan sepakat, kalau Ibukota Jabar dipindahkan,” ucapnya.

Oleh yakin, Bandung akan tetap jadi kota istimewa jikapun suatu saat ibu kota Jawa Barat pindah ke daerah lain.

“Bagaimana pun Bandung ini menjadi landmark Jawa Barat, khususnya dari segi inovasi dan pergerakan ekonomi,” pungkasnya.***

Redaksi

Exit mobile version