Polsek Karawang Kota Cek Sejumlah Apotek Soal Obat Sirup Untuk Anak

Karawang, beritatandas.id – kasus gangguan ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney Injury (AKI) yang menyerang anak usia dibawah 5 tahun meningkat tajam sejak Agustus, melansir dari ig kemenkes_ri.

Kemenkes bersama BPOM, Ahli Epidemiologi, IDAI, Farmakolog dan Puslabfor Polri melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyebab pasti dan faktor resiko yang menyebabkan gangguan ginjal akut.

Terkait hal tersebut, Kapolsek Karawang Kota, Kompol Marsono memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas, Bripka Dadan Wahyudin untuk mensosialisasikan dampak obat yang ditarik oleh BPOM kepada pemilik dan karyawan Klinik Citra Medika dan Apotek Aditya Pratama di wilayah hukum Polsek Karawang Kota.

“Sosialisasi ini untuk mengimbau soal dampak dari obat dalam bentuk cair atau sirup tersebut”, jelas Marsono, Jumat (21/10/2022).

Sosialisasi ini menyusul adanya lonjakan kasus gagal ginjal misterius yang menyerang anak-anak, dikaitkan dengan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Dilansir dari kemenkes-ri, hingga saat ini gagal ginjal akut pada anak belum diketahui penyebabnya. Upaya penelusuran masih terus dilakukan.

Sembari menunggu hasil penyelidikan, Kementerian Kesehatan meminta orang tua untuk sementara waktu tidak memberikan obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk cair/sirup kepada anak.

“Kami mengimbau agar warga masyarakat mematuhi apa yang telah disampaikan”, ajak Kapolsek, “sampai keluar hasil penyelidikan dari Kemenkes”.

( Lx ) 

Exit mobile version