Kasat Intelkam Gelar Pertemuan dengan Aliansi Buruh di Purwakarta

PURWAKARTA – Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Senin, 1 Mei 2023 besok, ratusan buruh di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat berencana untuk menggelar aksi di DKI Jakarta.

Keberangkatan ratusan buruh ke DKI Jakarta itu disampaikan langsung oleh sejumlah perwakilan aliansi buruh yang ada di Kabupaten Purwakarta pada pertemuan dengan pihak Polres Purwakarta, Polda Jabar pada Jumat (28/4/2023) kemarin.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Intelkam Polres Purwakarta, AKP Asep Rahman mengatakan, akan ada sekitar 600 buruh asal Kabupaten Purwakarta yang akan melakukan aksi May Day di DKI Jakarta.

“Kami telah melakukan pertemuan dengan aliansi buruh di Purwakarta, seperti SP/SB KSPSI, FSPMI, SPN dan PPMI. Berdasarkan laporan dari perwakilan buruh bahwa mereka memutuskan untuk lakukan aksi ke Jakarta,” kata Asep, pada Minggu, 30 April 2023.

Ia mengatakan, ratusan buruh yang akan berangkat ke Jakarta dalam peringati Hari Buruh akan berkumpul di Simpang Sadang Purwakarta.

“Kami akan melakulan pengawalan serta berkomunikasi kepada para aliansi buruh terkait eskalasi atau peningkatan jumlah buruh yang berangkat ke Jakarta,” Jelas Asep.

Selain itu, ia mengatakan, Satlantas Polres Purwakarta juga akan mengawal rombongan buruh hingga perbatasan Kabupaten Karawang.

Sementara itu, Pengurus Federasi Serikat Metal Indonesia (FPSMI) Purwakarta, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa FPSMI akan berangkat dengan jumlah massa aksi sekitar 300 orang.

“Dalam agenda May Day, kegiatan pemberangkatan kami ke Jakarta untuk sementara akan gunakan lima bus dan kendaraan pribadi dengan jumlah massa aksi sekitar 300 orang,” Ungkap Wahyu.

Keberangkatan aksi dengan tujuan DKI Jakarta dalam peringatan May Dayjuga disampaikan oleh Panglima Brigade Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Purwakarta Tondi Binsar.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melalukan pemberangkatan ke Jakarta dengan menggunakan empat bus dan sejumlah kendaraan pribadi.

“Terkait agenda May Day, kami KSPSI tidak akan melakukan kegiatan di daerah (Purwakarta), hanya melakukan aksi ke Jakarta. Estimasi massa sekitar 240 orang,” ujar Wahyu.