Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 78, H Alan Partimbang Hadiri Gelar Budaya Pencak Silat di Thee Matic Mall Majalaya

GARUT – Sesepuh Padepokan Gajah Putih Mega Paksi Pusaka Eep Hanafiah dan Juga Ketua HPSI GPMPP Satria Cahaya Suci H Alan Partimbang hadiri pertunjukan Pencak Silat di Thee Matic Mall – Majalaya Kabupaten Bandung, Kamis 17 Agustus 2023.

Pertunjukan ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang digelar HPSI Gajah Putih Mega Paksi Pusaka se Kabupaten Bandung.

Dalam sambutannya, H Alan Partimbang mengatakan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia digelar HPSI Gajah Putih Mega Paksi Pusaka Kabupaten Bandung sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan. Ia berharap semoga Indonesia menjadi negara maju.

“Hari ini kita bersyukur atas nikmat yang dianugerahkan kepada bangsa kita. Kita merayakan puncak HUT Republik Indonesia dengan menggelar Budaya dengan Pertunjukan Pencak Silat. Saat ini, banyak kemajuan yang kita rasakan. Panjang perjuangannya,” kata H Alan Sambutannnya, Kamis (17/8/2023).

Pria yang akrab disapa Kang Haji Alan ini mengatakan masyarakat Indonesia perlu terus memperkuat persatuan untuk membangun Indonesia menjadi negara yang adil dan berdaulat. Menurutnya, upaya memperkuat persatuan harus terus diperjuangkan antara lain karena Pemerintah Indonesia sedang berupaya mewujudkan target Indonesia menjadi negara maju di 2045.

“Kuncinya, persatuan. Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia. Mudah-mudahan cita-cita kita menjadi negara maju pada 2045 bisa terwujud kalau kita bersatu dan bersama-sama. Kolaborasi menjadi intinya,” ungkap H Alan.

Pertunjukan Pencak Silat ini turut dihadiri Padepokan yang ada di Kabupaten Bandung. Selain itu, turut hadir tamu-tamu undangan antara lain dari pelaku usaha dan asosiasi, Pejabat Setempat serta Masyarakat.

Menurutnya, Pagelaran Pencak Silat menjadi pilihan yang tepat untuk menunjukkan upaya melestarikan budaya lokal, yaitu sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya di Indonesia. Ia mengatakan mentalitas mencintai budaya bangsa sendiri dapat digunakan untuk menjaga ekonomi lokal dari gempuran produk-produk asing.

“Kami mengadakan Pagelaran Pencak Silat dengan tujuan melestarikan kebudayaan Indonesia dan memupuk kecintaan kita pada budaya asli Indonesia,” tutup H Alan.

Agus Eot***