Akabri 89 Dukung Ketahanan Pangan

beritatandas.id, SUBANG – Dalam rangka mengatasi dampak pandemi corona di segi ekonomi dan pangan, TNI dan Polri Subang mengadakan Gerakan Ketahanan Pangan Akabri 89. Acara yang diselenggarakan di Dusun Manyingsal RT 01/01, Desa Manyingsal, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang Kamis (3/9/2020) itu bertema “Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit”.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Subang, Kabarhakam Polri, Para Ketua Altar 89, Wakapolda Jabar dan segenap lapisan masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Diawali dengan rampak gendang dan tarian Dewi Sri dari SMK Kesenian Subang, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya Serta pembacaan doa.

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, SH, Mh menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan Ketahanan Akabri 89 pada hari ini menindaklanjuti perintah panglima TNI dan Kapolri.

Mengingat telah dilakukan kegiatan pemberian bantuan sosial dan pembagian masker serta kampanye pemakaian masker secara masif hingga ke lapisan masyarakat tingkat rukun warga dengan melibatjab tokoh masyarakat, Ibu-Ibu PKK serta RT/RW.

Ia juga menambahkan, bahwa Akabri 89 juga telah memperbaiki jalan kurang lebih sejauh 6KM. Bertujuan untuk meningkatkan pelayanan jalan agar memudahkan masyarakat.

“Dengan gerakan ketahanan pangan, diharapkan mampu memulihkan kesehatan masyarakat dan bangkitnya perekonomian,” imbuhnya.

Ia pun menjelaskan, kegiatan ini, sudah dilaksanakan tiga kali dan akan terus berlanjut tidak hanya di masa pandemi saja. Kegiatan pada hari ini pun menjadi salah satu upaha keluar dari keterpurukan akibat pandemi.

“Peningkatan nilai tambahan bagi petani, penguatan koprasi, dan koprasi petani serta lumbung pangan salah satunya dilakukan di Kabupaten Subang,” jelasnya.

Sementara Ketua Altas 89 Mayjen TNI Rudianto berharap kegiatan yang dilakukan saat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa paham bagaimana cara agar tetap bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan sosial secara simbolik dan masker sebanyak 2000 paket yang diterima oleh perwakilan warga masyarakat.

Selanjutnya dilaksanakan penanaman bibit jagung secara serentak oleh Kabarhakam, Ketua Altar 89, Ketua Desta (Ikatan Alumni Akmil), Brigjen TNI Mochammad Hasan, Ketua Morogama (Ikatan Alumni AAL), Laskda TNI Coky Hutabarat, Ketua Icarus (Ikatan Alumni AAU) Marska TNI Eding Sungkana, Ketua Dharana Lastarya (Ikatan Alumni Akpol) Irjen Pol Rishapudin.

Didampingi oleh Bupati dan Pejabat BNI. Acara ditutup dengan makan siang bersama secara bancakan sebagai simbol guyub sauyunan menuju Indonesia maju.

Reporter : Cicai