Akibat Longsor 3 Rumah di Cikajar Pondok Bungur Pondok Salam Rusak Berat

beritatandas.id, Purwakarta– Akibat curah hujan tinggi yang terjadi dari beberapa hari terakhir, sedikitnya tiga rumah warga di Cikajar Desa Pondok Bungur Kecamatan Pondok Salam kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa barat mengalami rusak berat. Sedangkan tiga rumah lainnya mengalami rusak ringan. Kejadian tersebut terjadi di hari Senin (5/4/2021).

Menurut data dari BPBD Kabupaten Purwakarta yang diunggah ke media sosial menyebutkan titik koordinat kejadian itu berada di -6°39’16.734″S 107°30’28.536″E ±1.80m 157°SE, tidak menimbulkan adanya korban jiwa, hanya mengalami kerugian material.

“Penyebabnya di duga akibat intensitas hujan yang tinggi serta saluran pipa air dalam tanah bocor sehingga menyebabkan terjadinya pergeseran tanah. Selain menyebabkan kerusakan rumah, akses jalan sementara hanya bisa di lalui roda dua. Sementara ini 6 Kepala Keluarga (KK) dan 17 Jiwa, yang menjadi korban telah dievakuasi ke tempat yang aman,” demikian laporan yang diperoleh dari Facebook BPBD Kabupaten Purwakarta.

Menurut BPBD, hingga sampai pada saat ini, masih terjadi pergerakan tanah, untuk pembukaan jalan masih harus dilakukan musyawarah dengan aparat setempat, warga yang terdampak kini sudah mengungsi di sebuah sekolah. Sementara ini masyarakat membuat jembatan alternatif yang baru di khawatirkan jalan alternatif yang lama terjadinya pergerakan tanah yang mengakibatkan jembatan roboh.

 

Reporter: Yusup Bahtiar