Anggota DPRD Jabar M Faizin: Perlu Adanya Progam Edukasi Pengelolaan dalam Pemilihan Sampah

beritatandas.id, BANDUNG – Sampai saat ini sampah menjadi salah satu persoalan yang mengkhawatirkan, karena meningkatknya produksi sampah beberapa tahun terakhir menyebabkan ekosistem alam tidak seimbang juga menjadi pemicu terjadinya bencana.

Menanggapi persolan sampah ini, Anggota DPRD Jawa Barat M.Faizin menilai perlu adanya program edukasi pemilihan sampah.

Program edukasi pemilihan sampah ini menurut Bang Faiz sapaan akrabnya diperlukan untuk mengendalikan sampah, sehingga beberapa sampah jenis tertentu dapat didaur ulang.

“Perlu adanya pengembangan program bank sampah sebagai solusi permasalah sampah di tingkat hulu melalui program edukasi kepada masyarakat,” kata Bang Faiz.

Melalui program ini kata Bang Faiz diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terkait tata kelola sampah, sehingga nantinya dapat terjaga.

Menurutnya, alur program ini yaitu, edukasi pemilihan sampah, setelah itu disediakan bank sampah di hulu, jadi hasil pemilihan sampah dari masyarakat tadi nantinya ditampung di bank sampah.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Komisi IV DPRD Jawa Barat dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, di UPTD Balai Sertifikasi Tanaman Hutan Jatinangor Sumedang, pada Kamis, 25 Maret 2021.

Bang Faiz juga meminta capaian target untuk setiap dinas di Jawa Barat perlu pengawasan yang lebih komprehensif.

 

Redaksi