Anggota DPRD Jabar Minta Puskesmas Dampingi Pasien Covid-19 Hingga Sembuh

beritatandas.id, Bandung – Anggota DPRD Jawa Barat H Nasir minta Puskesmas berikan pendampingan terhadap warga yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) hingga sembuh.

Hal ini perlu dilakukan seiring banyaknya pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri yang meninggal dunia.

Temuan ini didapatkan Nasir saat melakukan pemantauan PPKM di Dapil yakni di Kabupaten Subang, Majalengka, dan Sumedang.

Politisi PKB ini mengatakan banyak pemerintah desa (Pemdes) yang mengeluhkan minimnya pendampingan puskesmas kepada pasien isoman.

“Saat melakukan pemantauan PPKM ke desa-desa banyak keluhan dari pihak Pemdes atas kurangnya pendampingan dari pihak puskesmas kepada pasien isoman,” kata Nasir dalam keterangannya Rabu, 28 Juli 2021.

Menurutnya selama ini pihak Pemdes telah melakukan tugasnya untuk menyediakan logistik bagi pasien isoman dan memantau pelaksanaan isoman, tetapi untukk masalah kesehatan pasien pihak pemdes tdk banyak tahu.

“Pihak puskesmas harus selalu mendampingi, memantau, mengasuh dan mengedukasi kpd pasien isoman selama mereka isolasi, agar perkembangan kesehatannya dapat diketahui,” ujarnya.

Nasir mencontohkan pendampingan ini bisa berupa pemberian obat, vitamin, dan, terapi dan lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan.

“Jangan hanya didata, ditracing, diswab, kemudian ditinggal dan diserahkan ke pemdes,” pungkasnya.

 

Redaksi