Anggota Komisi I DPRD Jabar Dorong Pemekaran Desa Di Jawa Barat

Beritatandas.id – Pemekaran suatu desa akan mendorong peningkatan keuntungan salah satunya secara keuangan di Provinsi Jawa Barat.

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H Nasir.

Menurut Nasir, untuk menuju keuntungan tersebut dibutuhkan penetapan batas desa. Batas desa sangat diperlukan dengan tujuan untuk memastikan kewilayahan desa. Dengan ketentuan batas desa itu, maka akan ada kepastian hukum mengenai batas teritori, yang nantinya akan bermanfaat jika hendak dimekarkan.

“Pemekaran desa saat ini sangat diperlukan di Jabar, akan ada keuntungan secara fiskal dari pusat jika jumlah desa dan kabupaten/kota yang lebih banyak,” katanya.

Karena ada keuntungan secara fiskal dari pusat, sebagai contoh masyarakat Jawa Barat ini ada hampir 50 juta orang, tetapi desanya hanya lima ribuan desa.

Sedangkan di Jawa Timur penduduknya kurang dari Jawa Barat jauh, tapi desanya sampai tujuh ribuan, sehingga ada manfaat fiskal sekitar dua triliun

“Saya mengapresiasi pengawasan dan penetapan batas desa di wilayah Kabupaten Purwakarta sudah berjalan dengan baik,” jelas Nasir.***