Bahas CDPOB, Komisi 1 DPRD Jabar Lakukan Kunker ke Subang

beritatandas.id – Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintahan Kabupaten Subang, Rabu 21 Juni 2023.

Kunjungan kerja dalam rangka pembahasan pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Subang Utara, dalam kesempatan kali ini Komisi I melakukan rapat pembahasan CDPOB bersama Bupati Subang serta perangkat daerah Kabupaten Subang.

Sebelumnya rombongan kunker diterima langsung oleh Bupati Subang H Ruhimat di Aula Pemda Subang. Menurut anggota anggota Komisi 1 DPRD Jabar H Nasir menyampaikan apresiasi kepada pemda Subang yang telah responsif dalam mengusulkan rencana pemekaran Kabupaten Subang Utara.

“Kami dari jajaran Komisi 1 DPRD Jabar mengapresiasi langkah dari pemda Subang yang sangat responsif untuk terealisasinya pemekaran Subang Utara,” ujarnya.

Legislator dari fraksi PKB Dapil Jabar XI (Sumedang Majalengka Subang) ini mengungkapkan tujuan pemekaran wilayah ini tidak lain untuk menciptakan pemerataan pembangunan terutama bagi masyarakat di pantai utara Kabupaten Subang.

“Kita ketahui sendiri kalau selama ini masyarakat di Subang Utara atau pantura Subang itu terkesan kurang mendapatkan pelayanan optimal. Misalnya saja untuk pengurusan administrasi yang harus ke pusat pemerintahan jarak yang ditempuh lumayan jauh. Nah, kalau ada pemekaran wilayah, maka masyarakat akan mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan lantaran nanti pusat pemerintahannya ada di sana,” ungkapnya.

Nasir juga mengatakan kehadiran Komisi 1 DPRD Jabar bersama Biro Pemerintahan dan Otda Provinsi Jabar sebagai keseriusan pemerintah provinsi untuk segera terealisasinya CDPOB Subang Utara.

“Hingga saat ini di tingkat provinsi sudah mengusulkan sebanyak 8 daerah CDOP ke Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2023. Sementara untuk pemekaran Subang Utara bakal menjadi yang ke-9,” imbuhnya.

Untuk sementara, dari hasil kunjungan kerja jajaran Komisi 1, Kabupaten Subang lah yang saat ini dinyatakan telah benar-benar siap untuk segera dilakukan pemekaran, setelah sebelumnya melaksanakan kunker ke 8 CDOP lainnya di Jawa Barat.

“Sepertinya Subang yang sudah siap untuk pemekaran, kami melihat sudah ada kesiapan fisik dengan adanya bangunan baru untuk pemerintahan Kabupaten Subang Utara. Kami berpesan agar terus bersinergi dengan kabupaten induk, karena memang prosesnya lumayan lama,” pungkasnya.