BEM UNSIKA Mengadakan Audiensi Dengan KPUD Karawang Untuk Bahas Debat Terbuka Calon Bupati Karawang di Kampus Unsika

Karawang, beritatandas.id – pada Selasa 11 Juni 2024 jam 10.00 wib bertempat di Blitz hotel, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), menggelar audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karawang untuk membahas rencana mengadakan debat terbuka calon Bupati Karawang di kampus UNSIKA. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kapasitas para calon bupati di hadapan komunitas akademis dan masyarakat luas.

“Tadi kami melakukan audiensi ke KPUD Karawang untuk mengajak kolaborasi dalam rangka menguji kapasitas para calon Bupati Karawang di ruang akademisi. Harapan besar kami, para calon berani dan siap untuk datang ke kampus UNSIKA untuk memperdebatkan ide dan gagasan untuk Karawang lima tahun ke depan,” ungkap Tri Prasetio Putra Mumpuni, Deputi Kajian dan Aksi Strategis BEM UNSIKA.

Iqbal Nurwahyu selaku Menko Sosial dan Politik BEM UNSIKA, menambahkan bahwa keterlibatan anak muda memiliki potensi besar untuk membentuk tatanan politik yang lebih baik dan mewujudkan perubahan positif bagi Kabupaten Karawang.

“Pilkada bukan hanya sekadar pemilihan, tetapi juga momentum bagi anak muda untuk berperan sebagai agen perubahan yang progresif dan inspiratif. Sudah seharusnya calon-calon pemimpin yang akan memimpin di Kabupaten Karawang siap diuji secara ide dan gagasan di hadapan publik,” tegasnya.

Presiden Mahasiswa UNSIKA, Yoga Muhammad Ilham Samudra, menegaskan pentingnya partisipasi aktif pemuda dalam Pilkada 2024.

“Pemuda Karawang harus bisa menentukan arah masa depan kabupaten Karawang lima tahun ke depan, maka dari itu kita harus terlibat aktif dalam Pilkada 2024,” ujarnya.

Idzhar Surya P, Menteri KASTRAT BEM UNSIKA 2024, turut menekankan peran pemuda sebagai pilar pembangunan bangsa, khususnya daerah.

“Pemuda harus bisa menentukan dan menyeleksi calon pemimpin sesuai ide dan gagasan mereka. Para calon bupati harus bisa memberikan visi misi mereka guna memberikan dampak yang signifikan bagi Kabupaten Karawang lima tahun ke depan,” tuturnya.

Dengan diadakannya debat terbuka ini, BEM UNSIKA berharap para calon bupati dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap pembangunan Kabupaten Karawang dan memberikan solusi konkret terhadap permasalahan yang ada. Debat ini juga diharapkan dapat menjadi platform bagi masyarakat, terutama kalangan muda, untuk lebih memahami dan menilai kualitas para calon pemimpin mereka.

BEM UNSIKA berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menciptakan ruang diskusi yang kritis dan konstruktif bagi masyarakat Karawang, demi masa depan yang lebih baik. (Rls/Lex)