Beri rasa aman bagi pengunjung, Anggota Samapta Polsek Cileunyi monitoring Objek Wisata, Antisipasi Rawan Gangguan Kamtibmas

Cileunyi – Dalam rangka menjaga stabilitas pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat Kecamatan Cileunyi, Anggota Samapta Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar melaksanakan patroli di beberapa tempat Obyek Vital dan beberapa obyek wisata Wilayah Hukum Polsek Cileunyi, Sabtu (2/9/2023).

Adapun sasaran objek vital pelaksanaan patroli Objek Vital tersebut yakni Tempat Objek Wisata yang ada di Wilayah Kecamatan Cileunyi salah satunya Objek Wisata Batu Kuda yang berada di Kp. Cikoneng I Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

“Untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat, Unit Samapta Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar senantiasa melaksanakan kegiatan Patroli ke beberapa Objek Vital dan obyek wisata baik di pagi, siang maupun malam hari,” terang Aiptu Jenal Aripin

“Sesuai arahan dan petunjuk dari Bapak Kapolsek Cileunyi kita lakukan patroli ini dengan menitikberatkan pada lokasi yang rawan gangguan kamtibmas, serta kegiatan masyarakat yang meningkat seperti tempat – tempat wisata, yang mana hal ini dapat berpotensi pada terjadinya kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya,” tambah Aiptu Jenal Aripin

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan pada wisatawan serta antisipasi 3C (Curat, Curas dan Curanmor) dan juga untuk meminimalisir tingkat kerawanan kriminalitas lainnya di Kecamatan Cileunyi.

“Saat pelaksanaan kegiatan patroli objek vital personil berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata serta pengunjung wisata dengan menyampaikan pesan pesan Kamtibmas agar tetap waspada terhadap gangguan kamtibmas, serta jika menemukan adanya tindak kejahatan agar segera menghubungi 110 Polresta Bandung ataupun Polsek jajaran terdekat melalui Pak Bhabin agar segera ditangani,” Imbuhnya.

Pihaknya juga sudah menempatkan personel di sejumlah titik rawan yang dapat memicu terjadinya tindak kejahatan di setiap kawasan objek wisata yang ada diwilkum Polsek Cileunyi

Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. menerangkan “kegiatan patroli tersebut rutin dilakukan baik itu waktu pagi, siang maupun malam hari, dengan harapan kehadiran Polisi dapat menjamin keamanan objek vital dan wisata dari berbagai  tindak kejahatan dan gangguan Kamtibmas serta menjaga situasi tetap aman dan kondusif khususnya di wilayah hukum Polsek Cileunyi.”

Kapolsek mengimbau agar pengelola wisata giat melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat. Sebab, di tempat wisata, terutama saat libur seperti ini akan muncul sejumlah kerawanan tindak kejahatan, seperti pencopetan, penganiayaan, pencurian dengan perampasan, serta tindak kejahatan lainnya, katanya.

Kapolsek juga mengatakan bahwa selain melaksanakan pengamanan di objek wisata, pihaknya juga melaksanakan patroli disekitar tempat-tempat wisata guna memastikan situasi kamtibmas selalu aman, damai dan kondusif.